Iklan

 


Rian Laka
2 Feb 2021, 01.18 WIB
News

Dinas Perhubungan Ende Tinjau Dermaga Ropa

Dinas Perhubungan Ende saat meninjau Dermaga Kayu Ropa yang rusak akibat diterjang gelombang pasang. (Foto: Ist)


Ende, Floreseditorial.com – Dinas Perhubungan Ende melakukan peninjauan lokasi rusaknya Dermaga Kayu Ropa di Desa Uludala, Kecamatan Maurole, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang diterjang arus gelombang pasang beberapa hari lalu. 


Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Ende, melalui Sekretaris Dinas Perhubungan, Albertin Djembu Djeen, dan didampingi Kabid Laut Dinas Perhubungan Ende, Dismas Demu, turun langsung ke lokasi untuk meninjau kondisi dermaga kayu tersebut, pada Senin (1/2/2021).


Kepada media, Albertin Djembu Djeen, mengatakan, pihaknya akan melakukan telaah dan segera membangun koordinasi dengan Bupati Ende. 


“Kalau secara teknis akan kita lihat. Pada prinsipnya, dermaga ini tidak boleh mubazir. Ini sangat strategis untuk melayani warga dan nelayan di wilayah Kecamatan Maurole. Setelah ini, akan kita diskusikan dengan Pak Kadis, dan selanjutnya dinas akan melaporkan kepada Bapak bupati Ende,” ujar Albertin.


Sementara itu, Kepala Desa Uludala, Kosmas Sundu, Senin (1/2/2021), mengaku, jika musim tenggara tiba, pesisir pantai wilayah Ropa mengalami gelombang tinggi. 


Ia berharap Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Ende dapat mengalokasikan anggaran, guna memperpanjang Dermaga Kayu Ropa tersebut. 


“Pelabuhan ini harus diperpanjang. Jika tidak, akan mubazir. Sejak gelombang pasang, dua sisi kiri kanan tempat labuh perahu telah ambruk. Sekarang perahu sudah tidak bisa sandar lagi," ungkap Kosmas.


Diberitakan media ini sebelumnya, Dermaga Kayu Ropa rusak dihantam arus gelombang pasang, pada Jumat (29/1/2021). Dermaga Kayu Ropa yang dibangun tahun 2019 silam menggunakan dana APBD sebesar Rp 1,2 Miliar itu, hanya menyisakan puing-puing pasca dihantam gelombang pasang. Tiang pancang rusak, serta sebagian badan dermaga itu ambruk.


Untuk diketahui, hadirnya Dermaga Kayu Ropa itu adalah sebagai infrastruktur pendukung sarana transportasi laut utara. Selama ini, masyarakat Uludala di wilayah Ropa dan sekitarnya, merasa sangat dimudahkan dengan hadirnya Dermaga Kayu Ropa itu.