Iklan

Redaksi Flores Editorial
24 Feb 2021, 19.39 WIB
News

Gedung SDI Wae Waru di Matim Ambruk

 
Bangunan Gedung Sekolah Dasar Inpres (SDI) Wae Waru yang terletak di Desa Golo Mangung, Kecamatan Lamba Leda Utara, Kabupaten Manggarai Timur (Matim), Nusa Tenggara Timur (NTT), yang ambruk (Foto:Ist)

Manggarai Timur, Floreseditorial.com - Bangunan Gedung Sekolah Dasar Inpres (SDI) Wae Waru yang terletak di Desa Golo Mangung, Kecamatan Lamba Leda Utara, Kabupaten Manggarai Timur (Matim), Nusa Tenggara Timur (NTT), ambruk pada Rabu (24/2/2021) siang.


Informasi yang dihimpun media ini melalui salah seorang warga setempat, DN, menjelaskan, selain karena hujan deras yang terus mengguyur, kondisi bangunan yang sudah tua termakan usia, diduga kuat menjadi penyebab ambruknya bangunan semi permanen yang dibangun pada tahun 2003 silam itu.


Plt. Camat Lamba Leda Utara, Agus Supratman, saat dihubungi media ini, menjelaskan, usai mendapat informasi dari warga, dirinya bersama Kapolsek Lamba Leda, IPTU Stanislaus Jemadu, langsung turun ke lokasi sekolah untuk memantau langsung kondisi tersebut.


Menurut Agus, pada saat bangunan roboh, siswa sedang melakukan aktivitas belajar di gedung lain yang masih bagus.


“Tidak ada korban jiwa pada peristiwa itu. Namun, taksasi kerugian diperkira kurang lebih Rp 100 Juta,” kata Agus.


Untuk diketahui, bangunan dengan dua ruangan semi permanen milik Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (PPO) Matim di SDI Wae Waru itu dibangun tahun 2003 silam, dan tidak digunakan untuk Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) sejak Juli 2020 lalu.


Hal ini dikarenakan kondisi tembok bangunan yang tampak rapuh, serta banyak balok penopang bangunan sudah rusak. 


Bangunan gedung sekolah dua ruangan itu pun ambruk pada saat hujan, dan diduga kuat juga karena bangunan sudah termakan usia. 


Data yang dihimpun media ini, hempasan bangunan rubuh itu merusak 12 unit kursi plastik, tujuh unit meja kayu, tujuh unit bangku siswa, sera satu unit papan data sekolah yang disimpan di dalam ruangan bagunan itu.