Iklan

Ignasius Tulus
2 Feb 2021, 11.41 WIB
Hukrim

Kejati NTT Sita Tanah Milik Tersangka Veronika Syukur

 
Proses penyitaan tanah milik tersangka, Veronica Syukur, di Gorontalo, Labuan Bajo, Manggarai Barat. (Foto: Ist)


Kupang, Floreseditorial.com - Dua bidang tanah milik salah satu tersangka kasus jual beli aset negara di Labuan Bajo, Veronika Syukur, yang terletak di Desa Gorontalo, Labuan Bajo, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Nusa Tenggara Timur (NTT), kembali disita pihak Kejaksaan Tinggi (Kejati) NTT, Senin (1/2/2021).


Hal itu disampaikan Kepala Kejati NTT, Yulianto, melalui Kepala Seksi (Kasie) Penerangan Hukum (Penkum) Kejati NTT, Abdul Hakim, kepada Wartawan di Kupang, Selasa (2/1/2021).


“Luasnya saya masih menunggu laporan Penyidik,” ujar Abdul Hakim. 


Ia mengatakan, saat ini, kedua bidang tanah tersebut sudah bersertifikat hak milik, Veronika Syukur. Menurutnya, penyitaan tersebut merupakan hasil dan bukti-bukti temuan Penyidik saat melakukan pemeriksaan keterangan dan bukti-bukti yang cukup dari sejumlah saksi termasuk, Veronica Syukur.


Abdul menjelaskan, selain menyita dua bidang tanah milik, Veronika Syukur, pihaknya juga memeriksa istri dari salah satu tersangka sebagai saksi yang berinisial NF. Menurut Abdul, pemeriksaan istri salah seorang tersangka berinisial NF, masih ada kaitan erat dengan aliran dana hasil jual beli aset negara tersebut.


“Hari ini juga Penyidik Kejati NTT mengambil keterangan istri dari salah seorang tersangka NF di Kantor Kejari Labuan Bajo,” ungkapnya.


Diberitakan media ini sebelumnya, pihak Kejati NTT menerapkan pasal-pasal Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) terhadap, Veronika Syukur.


“Dengan hasil ekspos, Penyidik berkesimpulan untuk menerapkan pasal-pasal Tindak Pidana Pencucian Uang terhadap tersangka, Veronika Syukur. Berkas perkaranya digabungkan, yaitu Tindak Pidana Korupsi dan Tindak Pidana Pencucian Uang,” papr Abdul Hakim beberapa waktu lalu.


Ia mengatakan, fakta ini baru terungkap saat Penyidik melakukan ekspos perkara, di mana ditemukan barang bukti milik, Veronika Syukur, yaitu aset-aset yang diduga dibeli dengan menyamarkan identitas diri dari hasil Tindak Pidana Korupsi.