Iklan


 

Ephianus Yudhivan Aris| <br>Penulis<br>
1 Feb 2021, 22.30 WIB
Wisata

Merajut Kagum di Kampung Kawa

Kampung adat Kawa (Foto: Instagram@eddy_due_woi)


Nagekeo, Floreseditorial.Com- Di tengah peradaban dunia yang semakin modern, pesona wisata budaya dinilai sangat menjual untuk menjawab tingginya kerinduan umat manusia, untuk kembali merasakan kebiasaan-kebiasaan yang sudah tergerus lama oleh arus globalisasi.


Hal itu ditandai dengan semakin banyaknya wisatawan yang mulai melirik kembali nilai-nilai budaya di tempat-tempat yang terpelihara baik nilai budayanya.


Satu dari sekian tempat tersebut adalah Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Didiami oleh berbagai suku, membuat Flores kaya akan wisata budaya. Sebut saja dua ikon wisata budaya Flores yang telah mendunia seperti, Kampung Adat Wae Rebo di Manggarai dan Kampung Adat Bena di Ngada.


Tapi... tak hanya dua kampung itu saja, Pulau Flores menyimpan segudang wisata budaya lainnya, yang tentunya akan sangat menarik untuk ditelusuri. Masih ada loh kampung adat di Flores yang bakal menyaingi popularitas Wae Rebo dan Bena.


Adalah Kampung Kawa, sebuah perkampungan tradisional yang berlokasi di Desa Lawoleba, Kecamatan Asesa, Kabupaten Nagekeo. Kampung ini berdiri tepat di punggung Gunung Amegelu. Woww... kebayang kan bagaimana serunya menelusuri kampung ini. Hufttt


Bentuk rumah adat di Kampung Kawa, tidak beda jauh dengan rumah adat suku lain di Pulau Flores. Umumnya memiliki kolong rumah, dengan tiang yang ditancap dalam ke tanah. Atap rumah dari alang-alang, dinding dan lantai terbuat dari kayu dan bambu. Akan sangat keren bila kamu berfoto di depannya, apalagi merasakan sensasi menghabiskan malam di rumah adat ini, sembari bercengkrama bersama penduduk setempat, sebuah perjalanan yang tak terbayarkan, bukan?


Tak hanya memiliki rumah adat yang indah berselimut filosofinya, Kampung Kawa juga menawarkan pesona alam dari ketinggian yang sangat menakjubkan. Pemandangan megahnya Gunung Manungae, dapat langsung kamu saksikan dari tempat ini. Juga birunya Gunung Toto dan Wuse di sebelah timur dan megahnya Gunung Ebulobo dan Gunung Inerie di sebelah barat, yang akan sangat memanjakan mata. Sungguh pemandangan alam yang sangat menakjubkan.


Selayaknya kampung wisata pada umumnya, kamu akan menyaksikan aktivitas dan khasnya tata cara kehidupan penduduk setempat. Penuh kehangatan dan ketentraman. Dijamin, kamu akan betah berlama-lama di sini.


Belum lagi, perhelatan ritual tinju adatnya yang melegenda. Berlangsung setiap tahun, dan akan diselenggarakan tepat di halaman rumah adat. Tinju adat ini adalah perhelatan yang paling ditunggu tak hanya bagi masyarakat setempat, tapi juga wisatawan dari segala penjuru. Cari lah waktu terbaik untuk berkunjung, dan jangan lewatkan ritual yang satu ini. 


Menuju tempat ini, bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua pun roda empat. Cukup melintasi Jalur Trans Flores hingga tiba di pertigaan Aegela. Jalan ke utara dari pertigaan tersebut hingga menjumpai satu pertigaan lagi, kemudian belok kiri dan jalan lurus hingga tiba di Kampung Kawa.


Jadi, bagi kamu pecinta wisata budaya, Kampung Kawa wajib masuk dalam daftar perjalananmu bila kamu sedang berada di Flores. Jangan lewatkan keindahan dan keseruan berwisata di Kampung Kawa. Ayo ke Kampung Kawa...