Iklan

 


Adrianus Paju
6 Feb 2021, 20.30 WIB
Covid-19

Nakes Puskesmas Wae Kajong Terima Vaksinasi Covid-19

 
Pemberian vaksin terhadap sejumlah Tenaga Kesehatan di Puskesmas Wae Kajong, Kecamatan Reok Barat, Sabtu (6/2/2021). (Foto: Adrian Paju)

Manggarai, Floreseditorial.com - Sejumlah Tenaga Kesehatan (Nakes) di Puskesmas Wae Kajong, Kecamatan  Reok Barat, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT), menerima Vaksin Covid-19 Sinovac tahap pertama, bertempat di salah satu Ruangan Medis Puskesmas Wae Kajong, Sabtu (6/2/2021).


Kepala Puskesmas Wae Kajong, Fabiola Lelly Djemat, kepada Wartawan mengatakan, vaksinasi hari pertama tersebut diberikan kepada 39 orang Nakes. Namun, setelah dilakukan proses skrining terhadap ke-39 Nakes tersebut, hanya 25 orang yang dapat menerima vaksin.


"Sementara vaksin hanya bisa diberikan kepada 25 orang Nakes. Sisanya sebanyak 14 orang belum dapat menerima vaksin, lantaran masih ditemukan kendala kesehatan seperti, terdata sebagai ibu hamil, menyusui, memiliki diabetes dan hipertensi," jelas Lely.


Ia menambahkan, total Nakes di Puskesmas Wae Kajong sebanyak 91 orang. Para Nakes yang belum menerima vaksin, akan diberikan pada Minggu (7/2/2021) besok, sesuai dengan jadwal.


Terpisah, Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Manggarai, Asumta Ene Djone, mengatakan, untuk penyaluran vaksin kepada Nakes di lingkup Pemerintah Kabupaten Manggarai, sudah selesai dibagikan sejak Kamis (4/2/2021) lalu hingga hari ini. 


"Puskesmas ada yang sudah selesai melaksanakan hari ini, ada yang masih melanjutkan besok. Pemberian vaksin pertama diberi batas waktu sampai dengan Minggu, tanggal 7 Februari 2021," jelasnya.


Ia menuturkan, pemberian vaksin akan dilakukan minimal dua kali penyuntikan, dengan selang waktu 14 hari, ketika antibodi sudah terbentuk dalam tubuh. Setelahnya, akan dilakukan pemberian vaksin tahap kedua pada tanggal 21 Februari 2021 mendatang.


Untuk vaksinasi, kata Asumpta, Dinkes Kabupaten Manggarai mendapat 4.600 ampul vaksin untuk dua kali penyuntikan, kepada 2.300 sasaran. Vaksin tersebut selanjutnya akan diberikan kepada semua Nakes, baik yang bekerja pada sarana milik pemerintah seperti puskesmas dan rumah sakit, maupun kepada sarana milik swasta seperti rumah sakit swasta, klinik, apotek, dan lain-lain, yang memberikan data ke Dinkes Kabupaten Manggarai.


"Data per Sabtu (6/2/2021), dari total 2.446 sasaran vaksinasi, sebanyak 836 orang sudah menerima vaksin," tukasnya.