SWAPE UP UNTUK MEMBACA ARTIKEL
Pelanggan BLUD SPAM Matim Keluhkan Struk Pembayaran, Kabag: Kwitansi Itu Bukti Pembayaran Sah

Iklan

Pankrasius Y. Gandung| <br>Penulis<br>
9 Feb 2021, 21.26 WIB
News

Pelanggan BLUD SPAM Matim Keluhkan Struk Pembayaran, Kabag: Kwitansi Itu Bukti Pembayaran Sah

Kepala Bagian (Kabag) Keuangan dan Umum BLUD SPAM Kabupaten Matim, Fransiskus Aga (Foto:Ist)


Manggarai Timur, Floreseditorial.com - Meski tidak menggunakan format pembayaran seperti biasanya, kwitansi pembayaran air yang diberikan oleh Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Sistem Persediaan Air Minum (SPAM) Kabupaten Manggarai Timur (Matim), tetap dianggap sah.


Hal itu disampaikan Kepala Bagian (Kabag) Keuangan dan Umum BLUD SPAM Kabupaten Matim, Fransiskus Aga, kepada media ini saat ditemui di kantornya, Selasa (9/2/2021).


Fransiskus mengatakan, kwitansi yang diberikan kepada pelanggan itu, merupakan bukti pembayaran yang sah. Menurutnya, jika para pelangga setelah membayar dan hanya mendapatkan kwitansi, berarti mereka telah sah membayar dan sebagai bukti adalah kwitansi tersebut.


“Jika memang pelanggan merasa ragu dengan kwitansi yang diterima, maka pelanggan juga bisa menukarkan kembali kwitansi yang mereka terima saat pembayaran selanjutnya. Apabila pelanggan ingin mengetahui jumlah pemakaian debit air selama sebulan, silakan bertanya kepada petugas yang bertugas di wilayah tersebut. Kedepan juga, kami akan melakukan pembenahan di instansi kami terkait persoalan tersebut,” jelas Fransiskus.


Diberitakan media ini sebelumnya, BLUD SPAM Borong, Kabupaten Matim, yang berlokasi di Mano, Kecamatan Lamba Leda Selatan, tidak lagi mengeluarkan struk pembayaran kepada konsumen seperti biasanya.


NJ, salah satu pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) BLUD SPAM Mano, ditemui media ini di rumahnya, Selasa (2/2/2021) lalu, mengatakan, ketika membayar air, pihaknya tidak menerima struk seperti biasanya, melainkan hanya kwitansi yang menampilkan jumlah biaya yang harus dibayar.


“Saya telah beberapa kali diberikan kwitansi saat saya membayar air yang saya bayar setiap bulan. Biasanya, jika struk yang biasa kami terima akan menampilkan berapa jumlah debit air yang kami pakai dalam waktu sebulan, tapi jika hanya diberi kwitansi saja, bagaimana kami mengetahui secara detail berapa jumlah debit air yang kami pakai dalam sebulan,” keluh NJ.



Menanggapi persoalan tersebut, Koordinator BLUD SPAM Mano, Damasus Lenggos, ditemui media pada Rabu (3/2/2021), mengatakan, pihaknya memberikan kwitansi tersebut kepada pelanggan dikarenakan struk yang disediakan di kantor habis.


"Struk tersebut didatangkan dari Kantor Pusat di Lehong. Jika admin terlambat datang, kami akan tetap melayani  pelanggan pada saat datang membayar, agar pelanggan tidak kena denda administrasi. Sehingga kwitansi digunakan untuk sementara," tukasnya.