Iklan

 


Redaksi Flores Editorial
19 Feb 2021, 16.50 WIB
News

Pemda Matim Komitmen Siapkan Media Center Untuk Para Pewarta

 

Prokopim Kabupaten Matim saat kegiatan Bertemu Media, Jumat (19/2/2021). (Foto: FEC Media)

Manggarai Timur, Floreseditorial.comProtokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Kabupaten Manggarai Timur (Matim), Nusa Tenggara Timur (NTT) mengadakan Program Bertemu Media, bertempat di Rana Loba Cafe, Borong, Jumat (19/2/2021).

Pantauan media, lebih dari lima perwakilan Wartawan dari setiap media, mengikuti kegiatan tersebut. Program Bertemu Media itu, diharapkan menjadi ruang kolaboratif antara Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Matim dengan Insan Pers di daerah Kabupaten Matim, NTT.

Kepala Bagian (Kabag) Prokopim Kabupaten Matim, Jefrin Haryanto, dalam launching program tersebut, mengatakan, pembangunan di Kabupaten Matim saat ini tidak terlepas dari kontribusi media.

Melalui para awak media yang bertugas di Kabupaten Matim, seluruh aktitivitas pembangunan dan kegiatan Kepala Daerah, dapat diketahui publik atau masyarakat Kabupaten Matim.

“Kolaboratif dan sinergisitas adalah kunci sukses pembangunan sebuah daerah. Keterlibatan media dibutuhkan agar publik mendapat informasi yang benar,” ungkap Jefrin.

Sebagai komitmen, Pemda Kabupaten Matim akan menyiapkan Media Centre untuk pewarta yang ingin mengakses informasi seputar kegiatan Pemda Kabupaten Matim.

Ia berharap, dukungan Pers untuk Pemda Kabupaten Matim dapat membantu memajukan pembangunan di kabupaten tersebut. Menurutnya, tanpa dukungan yang memadai dari Insan Pers, kemajuan daerah mustahil bisa terwujud.

Sementara itu, Kepala Sub Bagian Dokumentasi Pimpinan Prokopim Kabupaten Matim, Yeni Maria V. Wajong, mengatakan, dengan diterapkannya nomenklatur baru di jajaran Sekertariat Daerah (Sekda) Kabupaten Matim diawal tahun 2020 ini, maka tugas Prokopim lebih fokus melayani pimpinan, terkait urusan protokoler, dokumentasi dan publikasi kegiatan pimpinan, meliputi kegiatan Bupati, Wakil Bupati (Wabup) dan Sekda. Meski demikian, tugas Prokopim memang tidak jauh berbeda dengan saat masih disebut Humas dan Protokol.

“Meski peran dan tugas antara Prokopim dengan Humas dan Protokol sudah berbeda, namun kami tetap akan memfasilitas ruang pertemuan antara Jurnalis dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD),” ungkap Jeni.

Ia menambahkan, sangat penting menciptakan sinergitas hubungan antara Prokopim Kabupaten Matim dengan Wartawan, sehingga mampu mempublikasikan kegiatan, program dan capaian pembangunan pemerintah kepada masyarakat.

“Untuk Sub Bagian Dokumentasi Pimpinan,  mendokumentasikan kegiatan Bupati dan Wabup, menyusun notulensi rapat Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, serta memfasilitasi peliputan media terhadap kegiatan Bupati dan Wabup Manggarai Timur,” jelas Jeni.