Iklan

 




Ephianus Yudhivan Aris| <br>Penulis<br>
16 Feb 2021, 19.16 WIB
Wisata

Pesona Rana Masak dan Kehangatannya

 
Wisata Air panas Rana Masak (Ist)

Manggarai Timur, Floreseditorial.Com-Pesona wisata pemandian air panas, rupanya sukses memantik minat pelancong untuk mengunjunginya. Karena dianggap daya tarik wisata langka, tak pelak banyak pelancong yang berbondong-bondong ingin merasakan sensasi hangat dari daya tarik wisata yang satu ini.


Di Kabupaten Manggarai Timur, terdapat salah satu daya tarik kunjungan wisata pemandian air panas alami, bernama Rana Masak.


Berlokasi di Desa Rana Masak, Kecamatan Borong, pemandian air panas seluas satu hektar ini memiliki tiga titik mata air, dengan suhu mencapai 40°C. Woww, hot!


Dengan suhu sepanas itu, Air Panas Rana Masak dapat mematangkan telur hanya dalam waktu 15 menit. 


Selain merasakan sensasi hangat dari daya tarik wisata ini, hamparan tanah berwarna kuning tua dan sedikit kecoklatan di sekitar kawasan ini, ternyata menampakkan keindahan tersendiri.


Tepat di depan daya tarik wisata ini, pemandangan langsung mengarah ke hamparan sawah penduduk yang memanjakan mata, serta dempetan pegunungan hijau yang mengagumkan. Berendam dan merasakan hangatnya air sambil menikmati pemandangan alam sekitar, pasti sangat merilekskan tubuh dan pikiran.


Perjalanan menuju Rana Masak, dapat menggunakan roda dua maupun roda empat. Saat tiba di Kota Borong, arahkan kendaraan menuju Utara kota ini, melalui Jalan Kihajar Dewantara yang letaknya tepat di perempatan lampu merah. Berkendara selama 20 menit menuju Utara dari Jalan Kihajar Dewantara, lurus.. lurus.. lurus.. melewati Kampung Peot, Kembur hingga sampai di Kampung Warat. Belok kanan di pertigaan tepat sebelum Gereja Warat, Anda akan melewati jalan daerah yang sempit  tapi beraspal, hingga tiba di Kampung Purak. Dari Kampung Purak, menuju titik air panas tersebut akan ditempuh dengan berjalan kaki selama 15 menit melalui jalan tani. 


Mengingat lokasi ini belum sepenuhnya dikelolah oleh Pemerintah, sehingga belum ada pemungutan biaya retribusi untuk kawasan ini. Anda disarankan menyewa pemandu wisata lokal, dengan membayar secara sukarela.


Untuk amenitas, kawasan ini belum menyediakan fasilitas yang memadai. Tetapi beberapa fasilitas penunjang wisata seperti toilet, tempat parkir, dan warung sudah dalam proses pengerjaan dan diperkirakan akan rampung dalam waktu dekat. 


Nah, bagi kamu yang ingin menikmati dan merasakan sensasi berendam di air panas alami, datang dan kunjungi wisata Air Panas Rana masak ini. Dijamin akan sangat menyenangkan, dan tentunya akan merelaksasikan tubuh dan pikiran. Jadi, tunggu apa lagi... Ayo ke Rana Masak.