Iklan


 

Ephianus Yudhivan Aris| <br>Penulis<br>
4 Feb 2021, 23.27 WIB
Wisata

Rana Tonjong, Sepotong Surga di Manggarai Timur

 
Danau Rana Tonjong (Foto: Instagram @Iyanflo)


Manggarai Timur, Floreseditorial.com-Berbicara tentang keunikan pariwisata, Manggarai Timur memiliki sebuah daya tarik wisata yang layak dijadikan salah satu daerah tujuan wisata Anda jika berkunjung ke daerah tersebut. Sebuah danau langka nan eksotis yang berada di utara wilayah Manggarai Timur.


Adalah Rana Tonjong, sebuah Danau Lotus alias bunga teratai (Nelumbo lucifera) yang berlokasi di Desa Nanga Mbaling, Kecamatan Sambirampas, Kabupaten Manggarai Timur. 


Danau seluas 2,5 hektar ini, seluas 2,2 hektarnya tertutup oleh tumbuhan teratai. Sungguh indah dan mengagumkan!


Pesona Danau Lotus ini begitu memukau. Danau ini tidak hanya ditumbuhi oleh teratai biasa, akan tetapi teratai jenis Victoria Amazonia yang adalah jenis teratai terbesar di dunia.

The Giant Lotus, Victoria Amazonica (Foto: Instagram @floresexotictours)


Di tempat ini, berbagai hal menarik dapat kita saksikan. Mulai dari hamparan bunga lotus yang bermekaran indah, angsa putih yang berterbangan dan sesekali mampir di danau, serta hamparan sawah penduduk yang berbaris indah di sekitar wilayah ini, menambah keindahan Danau Rana Tonjong tersebut.


Waktu terbaik mengunjungi tempat ini adalah bulan April hingga Juni. Memasuki waktu tersebut, teratai di Danau Rana Tonjong akan bermekaran. Dengan bunga pink yang memenuhi danau, sungguh pemandangan yang menakjubkan. Sangat indah!


Untuk menuju tempat ini, pengunjung yang datang dari arah barat melalui Labuan Bajo, akan menempuh perjalanan darat melintasi Jalan Trans Flores, selama empat jam berkendara hingga tiba di Kota Ruteng. Dari kota ini, arahkan kendaraan menuju utara Reo, melintasi Jalan Negara Ruteng-Reo selama dua jam, lalu berkendara menuju Pota melewati Jalur Pantai Utara yang menakjubkan selama 30 menit.


Sementara bagi pengunjung yang datang dari arah timur, baik melalui Maumere, Ende, atau Bajawa, akan menempuh perjalanan darat menyusuri Jalan Trans Flores hingga tiba di Kota Borong. Lama perjalanan dari Maumere menuju Borong adalah sembilan jam, dari Ende tujuh jam, sedangkan dari Bajawa empat jam. Dari kota ini, berkendara terus menyusuri Jalan Trans Flores selama 40 menit hingga tiba di Pertigaan Bealaing.


Kemudian berkendara terus melintasi Jalan Provisi Ruteng-Benteng Jawa selama 30 menit menuju Watunggong, dan selanjutnya menuju Lengko Ajang selama 20 menit. Dari situ, berkendara terus selama dua jam hingga tiba di Pota.


Danau Rana Tonjong ini mendapat perhatian baik dari  pemerintah setempat. Jadi, memasuki kawasan wisata ini akan dikenakan pemungutan biaya Rp 5.000 per orang. 


Untuk amenitas, tempat ini memiliki fasilitas yang cukup memadai seperti toilet, gazebo atau lopo untuk duduk sambil bercengkerama, dan juga setapak keliling danau yang sengaja dibuat untuk memudahkan pengunjung menikmati pemandangan yang disajikan danau ini. 


Untuk fasilitas lain seperti rumah makan dan penginapan, belum tersedia di sekitar lokasi ini. Fasilitas-fasilitas tersebut banyak tersedia di Kota Pota, yang letaknya hanya satu kilometer dari tempat ini.


Nah, bagi kamu yang menyukai pemandangan indah yang langka saat berkunjung ke Flores, tempat ini menjadi salah satu yang paling direkomendasikan selain menyaksikan binatang purba Komodo. Jadi... Ayo ke Manggarai Timur, ayo ke Rana Tonjong.