Iklan

 


Adrianus Paju
6 Feb 2021, 13.20 WIB
News

Rumah Warga di Cibal Ambruk Tertimbun Longsor

 
Tanah longsor yang menimbun rumah warga di Cibal. (Foto: Ist)


Manggarai, Floreseditorial.com - Satu rumah warga Gumbang, Desa Persiapan Bangka Gumbang, Kecamatan Cibal, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT), ambruk diterjang longsor, pada Sabtu (6/2/2021) sekitar pukul 03.00 WITA.

Pemilik rumah, Saverius Aquino Doni, kepada Wartawan, mengatakan, intensitas hujan tinggi yang mengguyur wilayah tersebut dua pekan terakhir, mengakibatkan tekstur tanah pada bagian rumah turun, hingga menyebabkan longsor.

"Hujan deras yang terus mengguyur wilayah ini berdampak pada ambruknya rumah tersebut, karena terbawa material longsor,” ungkapnya.

Meski kondisi rumah yang berukuran 7 x 8 meter tersebut rata tersapu material longsor, kata Saverius, mereka sekeluarga sangat beruntung sebab saat pristiwa terjadi, Ia bersama keempat anggota keluarganya sedang tidak berada di dalam rumah. 

"Kebetulan saat kejadian kami sekeluarga menginap di Kampung Gumbang," ujarnya.

Saverius mengaku, akibat peristiwa itu, seluruh isi rumah termasuk perabotan rumah tangga yang ada di dalam rumah, ikut hancur tertimbun longsor. Sementara kerugian material yang dialami, ditaksir sekitar Rp 50 jutaan.

Ia berharap, pemerintah daerah setempat dapat segera memperhatikan nasibnya dan keluarga, akibat musibah longsor tersebut.

"Semoga Pemerintah dapat memperhatikan musibah ini, dan menyalurkan bantuan darurat, sebab segala isi rumah ikut tertimbun material longsor," bebernya.

Terpisah, Daniel Darut, Aparat Desa setempat, mengatakan, kondisi tersebut sudah dilaporkan pihaknya secara lisan kepada Camat Cibal, sambil menunggu laporan resmi tertulis yang masih dalam proses, untuk selanjutnya diteruskan ke BPBD Kabupaten Manggarai.

"Sementara secara lisan, kita sudah melaporkan kondisinya ke Camat cibal, sambil menunggu laporan resmi tertulis yang masil dalam proses,” tukasnya.