SWAPE UP UNTUK MEMBACA ARTIKEL
Sekolah Online Gratis di Tengah Pandemi Covid-19

Iklan

 


FEC Media
2 Feb 2021, 12.38 WIB
News

Sekolah Online Gratis di Tengah Pandemi Covid-19

 
Polsek Aimere saat memantau Rumah Belajar Online gratis bagi siswa di wilayah tersebut. (Foto: Ist)


Ngada, Floreseditorial.com - Pandemi covid-19 yang hingga saat ini belum teratasi, menyebabkan banyak kendala di berbagai bidang, salah satunya pendidikan.


Saat ini, setiap sekolah dari jenjang TK sampai Perguruan Tinggi, menerapkan belajar dari rumah atau belajar secara online (daring). Hal itu dikarenakan banyak lembaga pendidikan yang harus tutup sementara, untuk mengurangi angka penyebaran covid-19. 


Tak jarang, keluhan muncul selama belajar online. Salah satunya adalah masalah kuota internet yang boros, serta sulitnya jaringan internet di daerah.


Apalagi, bagi mereka yang tinggal di daerah pedesaan seperti di Aimere. Maka untuk mengatasi hal itu, Polsek Aimere dan Polres Ngada menyediakan Rumah Belajar Online gratis di wilayah Polsek Aimere, yang dapat digunakan para siswa di wilayah tersebut.


Kapolres Ngada, AKBP Rio Cahyowidi, meresmikan Rumah Belajar Online tersebut di Polsek Aimere, pada Sabtu (30/1/2021).


Rio mengatakan, Rumah Belajar Online itu diharapkan bisa meringankan beban siswa dalam mengikuti Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) secara online. 


"Banyak siswa yang membutuhkan akses internet untuk mengikuti KBM online secara optimal.

Makanya, kami mencoba untuk menyiapkan kebutuhan itu," ungkapnya.


Sementara itu, Kapolsek Aimere, Iptu Jodi Rahman, mengungkapkan, banyak murid mengalami kendala saat belajar online. Hal itu karena ketersediaan kuota internet yang sangat terbatas.


"Mereka juga terkendala jaringan internet untuk belajar secara online di tengah pandemi covid-19 ini. Seperti yang belakangan kerap diberitakan oleh media, kegiatan belajar daring cukup memberatkan beberapa orang. Mereka yang tak memiliki alat komunikasi hingga jaringan internet memadai pun harus berusaha lebih,” terangnya.



Ia menambahkan, proses belajar online di Polsek Aimere tentunya mematuhi protokol kesehatan covid-19, mulai dari mencuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak antara sesama murid.


Untuk diketahui, Rumah Belajar Online difasilitasi laptop yang terhubung dengan jaringan internet, bertempat Kantor Polsek Aimere, dapat diakses oleh semua pelajar di wilayah tersebut.