SWAPE UP UNTUK MEMBACA ARTIKEL
Tertimbun Longsor, Ruas Jalur Golo Welu – Tentang Ndoso Lumpuh Total

Iklan

Adrianus Paju
6 Feb 2021, 16.17 WIB
News

Tertimbun Longsor, Ruas Jalur Golo Welu – Tentang Ndoso Lumpuh Total


Sejumlah warga bahu membahu membersihkan material longsor. (Foto: Ist)


Manggarai Barat, Floreseditorial.com - Akibat tertimbun longsor pada Sabtu (6/2/2021) sekitar pukul 01.00 WITA, arus transportasi pada ruas Jalan Kecamatan Kuwus menuju Kecamatan Ndoso, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Nusa Tenggara Timur (NTT) lumpuh total.


Sekretaris Camat Kuwus, Gabriel Bagung, kepada Wartawan, mengatakan, titik longsor pada ruas jalur kabupaten itu terjadi tepatnya di perbatasan Dahang, Desa Pangga, Kecamatan Kuwus  menuju Desa Momol, Kecamatan  Ndoso. 


“Arus lalu lintas kendaraan roda dua dan roda empat macet total, akibat tumpukan material longsor yang menutupi badan jalan sepanjang 35 meter,” ujar Gabriel.


Ia menambahkan, saat ini, Anggota SatPolPP bersama Camat Kuwus sedang meninjau lokasi longsor, serta sudah berkoordinasi dengan Dinas PU, untuk dapat bantuan alat berat ke lokasi.


"Agar bisa diakses kendaraan, sementara saat ini, sejumlah warga Desa Pangga dan Desa Momol dipimpin Kepala Desa, Yuvensius Maldi, melakukan kerja bakti membersihkan material longsor pada jalur tersebut menggunakan alat seadanya," katanya.


Terkait kondisi itu, Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Mabar, Oktavianus Andi Bona, kepada Wartawan, menuturkan, kondisi tersebut akan segera dibereskan. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan PT. Gunung Sari, untuk membersihkan material longsoran di ruas jalan tersebut. 


“Saya sudah dapat laporannya, dan akan segera dibereskan. Saya sudah koordinasi dengan PT. Gunung Sari, untuk minta eksekusi longsor di Dahang. Beliau menyanggupi dan sekarang sudah bergerak ke lokasi untuk dieksekusi. Kami selalu bergerak cepat dan bertindak tepat, sesuai motto Dinas PUPR,” tegasnya. 


Tidak ada korban jiwa dalam bencana alam tanah longsor tersebut. Namun akses transportasi kendaraan roda dan roda empat dari arah Pangga menuju Ndoso, lumpuh total.