Iklan

Redaksi Flores Editorial
22 Mar 2021, 12.39 WIB
News

14 Postulan Seminari St. Kamillus Nita Maumere Masuk Prenovis

Ke-14 Postulan Seminaris Tinggi St. Camillus de Lellis Nita Maumere, saat mengikuti Perayaan Ekaristi Prenovis, 19/3/2021. (Foto: Aldi Jemadu)


Sikka, Floreseditorial.com - Sebanyak 14 orang Postulan Seminaris Tinggi St. Camillus de Lellis, Nita, Maumere, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT) masuk Prenovis, beberapa waktu lalu.


Perayaan Ekaristi dipimpin langsung oleh Pimpinan Delegasi, Pater Luigi Calvani, MI, didamping oleh Rektor Biara St. Camillus (Kamillian), Pater Andi C. Suparman, MI, beserta Magister Novis Biara St. Camillus de Lellis Nita, Pater Alfons Oles, MI.


Dalam pembukaan Perayaan Ekaristi tersebut, Pater Luigi Calvani, yang berasal dari Italia, menyampaikan bahwa pada 54 tahun silam, Ia mengalami proses yang sama, seperti yang dialami oleh ke-14 Prenovis itu.


"Tuhan telah hadir untuk kita secara total demi keselamatan kita. Lewat penyerahan diri secara total, Tuhan telah menunjukkan kepada kita akan besarnya cinta Tuhan kepada semua manusia. Sebagai pengikut Kristus sejati, yang di mana Tuhan telah mengajak kita untuk meneladani sikap yang telah Tuhan tunjukkan itu kepada kita umatnya. Secara khusus pada hari ini (19/3/2021), patutlah bersyukur dan bersuka cita karena ke-14 Postulan Seminaris Tinggi St. Camillus de Lellis Nita sudah resmi masuk tahap atau masa Prenovis," ungkapnya.


Untuk diketahui, sebelum para Frater Kamilian memasuki tahap atau masa Novis, terlebih dahulu mereka harus mengikuti masa Prenovis. masa Prenovis adalah masa pembentukan khusus untuk kehidupan religius dalam ordo atau seminari, terutama Seminari Tinggi St. Camillus de Lellis (Kamilian). Panggilan khusus tersebut merupakan panggilan menuju kekudusan, melalui pelayanan kepada orang sakit dalam teladan Yesus Kristus sebagai Orang Samaria yang baik hati. Tuhan sendiri telah mengaruniakan rahmat pelayanan secara total itu kepada Pendiri Biara Kamilian, St. Camillus de Lellis.


St. Camillus de Lelis


St. Camillus de Lelis, lahir pada 25 Mei 1550 di Bukhianiko, Khieti, Italia. Ia adalah Pendiri Ordo Para Pelayan Orang Sakit (Ordine dei Ministri degli Infermi (MI)) atau sering disebut Ordo Kamilian. Ordo Kamilian didirikan pada tahun 1586 dan berkarya misi dalam bidang kesehatan untuk mewartakan Injil dan menyembuhkan orang sakit. kepada para Anggota Ordo Religius ini, Camillus, selalu berpesan, "Put more heart into your hands" (Letakkanlah lebih banyak hati di tanganmu).


Camillus, meninggal dunia pada 14 Juli 1614, dan mewariskan spiritualitas bagi ordo yang didirikannya; Menjadi Kristus bagi orang sakit dan melayni Kristus dalam diri orang sakit. 


Atas jasa dan kesucian hidupnya, Camillus, diangkat oleh gereja sebagai “Santo Pelindung” orang sakit, para dokter dan perawat, dan rumah sakit. Gereja merayakan pestanya setiap tanggal 14 Juli.

(Aldi Jemadun)