Iklan

Valerius Isnoho
19 Mar 2021, 18.48 WIB
News

Bidik Prioritas Pembangunan, Kecamatan Ruteng Gelar Musrembang RKPD Tahun 2022

Kepala Dinas P2KBP3A, Silvanus Hadir, saat membuka kegiatan Musrembangcam di Kecematan Ruteng, Jumat (19/3/2021). (Foto: Valerius Isnoho)


Manggarai, Floreseditorial.com - Bupati Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT), Herybertus G. L. Nabit, melalui Kepala Dinas (Kadis) Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) membuka secara langsung pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) di tingkat Kecamatan Ruteng, bertempat di Aula Kecamatan Ruteng, Jumat (19/3/2021).


Kegiatan Musrembang tersebut dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2022, yang ditujukan untuk menghimpun berbagai usulan pembangunan tingkat Kecamatan Ruteng.


Dalam sambutannya, Bupati Hery, melalu Kadis P2AKBP3A, Silvanus Hadir, menyampaikan, Pemerintah melakukan salah satu tugas konstitusional dalam sistem perencanaan pembangunan nasional yaitu melalui Musrembangcam. 


"Kegiatan yang kita laksanakan hari ini merupakan perintah UU No 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah yang dijabarkan lebih lanjut dalam Permendagri No 86 Tahun 2017, yang secara khusus menyebutkan tentang penyelengaraan Musrembang RKPD sebagai forum antar pemangku kepentingan dalam rangka membangun daerah," jelasnya.


Ia menambahkan, kegiatan Musrembang tersebut untuk menetapakan terkait prioritas yang akan dikerjakan kedepan, di mana hasil kegiatan tersebut akan dijadikan sebagai bahan masukan dalam penyusunan RKPD Tahun 2022.


"Sedangkan yang menjadi isu strategis adalah peningkatan kesejahteraan, percepetan pertumbuhan ekonomi wilayah, peningkatan kualitas dan kuantitas infrastruktur dan kesehatan masyarakat," ujarnya.


Menurut Bupati Hery, dengan adanya pandemi covid-19, beberapa pembangunan dan program kerja jadi tertunda. Dengan Musrembang itu, diharapakan dapat menentukan prioritas pembangunan kedepan.


"Karena itu, untuk tema rancangan pembangunan tahun 2022 yakni pengembangan infrastruktur, memastikan produktifitas dengan prioritas pembangunan," paparnya.


Sementara dalam Laporan Camat Ruteng, Paulus Panggur, sebelum dilaksanakan Musrembang tingkat kecamatan pada Februari 2021 lalu, telah dilaksanakan Musrembang tingkat desa dan kelurahan.


"Tujuannya yakni untuk menampung berbagai usulan pembangunan dan menentukan skala prioritas untuk kemudian kembali dimusyarawarahkan di tingkat kecamatan," ujarnya.


Pantauan Floreseditorial.com, 18 desa dan satu kelurahan yang ada di Kecamatan Ruteng menghadiri Musrembangcam tersebut.