Iklan

Redaksi Flores Editorial
20 Mar 2021, 12.36 WIB
News

Gudang Semen di Matim Leluasa Beroperasi Tanpa Izin

 

Gudung Semen PT. Pilar Semesta Raya di Kajukaro, Kelurahan Watunggene, Kecamatan Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur. (Foto: Pos Flores)


Manggarai Timur, Floreseditorial.com - Kepala Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLHD) Kabupaten Manggarai Timur (Matim), Nusa Tenggara Timur (NTT), Donatus Datur, bersama beberapa Staff, memonitoring langsung lokasi Gudung Semen PT. Pilar Semesta Raya di Kajukaro, Kelurahan Watunggene, Kecamatan Kota Komba, Kabupaten Matim, pada Jumat (19/3/2021).


Gudung PT. Pilar Semesta Raya yang dibangun pada tahun 2018 dan beroperasi pada tahun 2019 itu, diketahui belum memiliki Izin Lingkungan dan Izin Mendirikan Bangunan (IMB).


Selain itu, lokasi gudung tidak memiliki drainase, debu semen bertebaran, dan sampah karung semen berserakan di pinggir sungai yang radiusnya sekitar enam meter dari gedung tersebut. 


"Sebelum kantongi IMB, terlebih dahulu harus miliki Izin Lingkungan," jelas Donatur.


Ia menyampaikan, kepada Pemilik PT. Pilar Semesta Raya agar melalui Koordinator Lapangan, untuk segera mengurus izin dan membangun tembok pembatas agar tidak terjadi erosi.


"Tolong segera urus Izin Lingkungan, IMB, dan bagun tembok pembatas. Kalau tidak, kami akan bertindak lebih tegas," ungkapnya.


Menanggapi hal itu, Koordinator Lapangan PT. Pilar Semesta Raya, Faisal, mengucapkan terima kasih karena pihak DLHD Matim sudah mengingatkan mereka untuk mengurus izin.


"Terima kasih sudah mengingatkan kami. Secepatnya saya akan sampaikan ke Direktur PT. Pilar Semesta Raya untuk mengurus Izin Lingkungan, IMB, dan membangun tembok pembatas," ucap Faisal.


Untuk diketahui, gudang penampung semen yang beroperasi sejak 2013 silam itu, sudah memiliki IMB, namun masa berlakunya sudah selesai pada tahun 2020 lalu.