Iklan

Valerius Isnoho
23 Mar 2021, 12.06 WIB
News

Kelangkaan Pupuk Bersubsidi di Manggarai, Anggota DPRD: Pemda Harus Segera Ambil Tindakan

 
Anggota DPRD Kabupaten Manggarai, Silvester Nado (Foto: Ist)


Manggarai, Floreseditorial.com - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT), Silvester Nado, mendesak Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Manggarai segera ambil tindakan terkait polemik Pupuk Bersubsidi yang sangat langkah sekarang ini.


Silvester Nador, kepada media ini, Selasa (23/2/2021), mengatakan, masalah kelangkaan pupuk di Kabupaten Manggarai sangat berdampak pada kebutuhan Petani. Menurutnya, tidak hanya berkaitan dengan rendahnya Kuota Pupuk Bersubsidi, namun juga sebagian Anggota Kelompok Tani yang tidak terakomodir namanya dalam Rencana Defenitif Kebutuhan Kelompoktani (RDKK).


"Terhadap kondisi ini, perlu adanya pembenahan pendataan berkaitan dengan RDKK. Berkaitan dengan keterlambatan penyaluran pupuk pada musim tanam tahun ini, dapat dimaklumi karena adanya perubahan regulasi berkaitan kepemilikan Kartu Tani dari Anggota Kelompok yang dicetak oleh pihak BRI Cabang Ruteng," jelas Politisi Partai Demokrat itu.


Ia berharap, kepada Pemda Kabupaten Manggarai agar memperjuangkan Kuota Pupuk Bersubsidi untuk musim tanam selanjutnya, agar sesuai dengan kebutuhan Petani. Waktu pendistribusian juga harus dikawal agar tepat waktu. 


Ia menambahkan, Pemda Kabupaten Manggarai harus berkoordinasi dengan Dinas Pertanian Propinsi dan Menteri Pertanian, terkait kepastian Kuota Pupuk Bersubsidi dan waktu penyalurannya.


"Pemda Manggarai harus dapat menjamin ketersediaan pupuk untuk masyarakat sesuai kebutuhan Petani. Pengurus Kelompok Tani harus diberdayakan agar keberadaannya memiliki dampak yang positif bagi Anggota Kelompok Tani. Koordinasi harus tetap intens terjalin antara Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dan Pengurus Kelompok Tani, agar persoalan di lapangan bisa diatasi secepat mungkin," tukasnya.