Iklan

Valerius Isnoho
15 Mar 2021, 15.56 WIB
News

Pantau Kebersihan Pasar Inpres Ruteng, Kepala DLH: Kontainer Sampah Sudah Disiapkan

 
Kepala DLH Kabupaten Manggarai, Kanis Nasak, saat memberikan edukasi kepada pedagang di Pasar Inpres Ruteng agar senantiasa menjaga kebersihan pasar. (Foto: Valerius Isnoho)


Manggarai, Floreseditorial.com - Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Manggarai, Kanis Nasak, melakukan sidak di Pasar Inpres Ruteng, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Senin (15/3/2021).


Sidak tersebut bertujuan untuk memastikan langsung kondisi Pasar Inpres Ruteng, apakah masih dalam kondisi bersih atau tidak.


"Untuk menjaga kebersihan pasar ini, sebenarnya harus perlu ada tingkat kesadaran dari penjual yang ada di Pasar Inpres Ruteng. Begitupun juga dengan pengunjung pasar, supaya tidak membuang sampah sembarang tempat, karena di pasar ini kita sudah siapkan dua kontainer besar untuk tempat sampah," papar Kanis.


Ia menambahkan, selama ini, pihaknya sudah sering kali melakukan sosialisasi kepada seluruh penjual yang ada di Pasar Inpres Ruteng, agar tidak membuang sampah di sembaramg tempat.


"Kontainer untuk sampah kita sudah siapkan. Petugas kami dari DLH di Pasar Inpres selalu ada di tempat setiap hari, bahkan petugas kami pakai tiga shift untuk memastikan kondisi kebersihan pasar setiap hari," ungkapnya.


Ia menyampaikan, untuk saat ini, sumbang sampah terbanyak di Kabupaten Manggarai pusatnya dari Pasar Inpres Ruteng.


Pantauan media ini, Kepala DLH, Kanis Nasak, saat melakukan sidak didampingi oleh Kasip Persampahan, Damianus Jemparu, dan Kasih Limbah B3, Siprianus Bura.