Iklan

Redaksi Flores Editorial
10 Mar 2021, 18.36 WIB
News

Pemda SBD Laksanakan Sosialisasi Sadar Wisata

Bupati Sumba Barat Daya, Kornelius Kodi Mete. (Foto: Ist)




Sumba Barat Daya, Floreseditorial.com – Bupati Sumba Barat Daya (SBD), Kornelius Kodi Mete, membuka secara resmi Sosialisasi Sadar Wisata yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten SBD, bertempat di Aula Hotel Sinar Tambolaka, Kabupaten SBD, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Selasa (9/3/2021).


Bupati SBD, Kornelius Kodi Mete, dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan Sosialisasi Sadar Wisata tersebut sangat mendukung Program 7 Jembatan Emas Pemerintah Daerah (Pemda) yang salah satunya adalah desa wisata.


"Dalam masa pandemi covid-19 di Kabupaten SBD saat ini, agar perilaku sadar wisata juga ditunjukkan melalui kepatuhan masyarakat pada Protokol Kesehatan (Prokes)," ungkap Bupati Kornelius.


Ia menyampaikan, seluruh lapisan masyarakat wajib mematuhi anjuran Prokes, dengan menggunakan masker secara benar menutupi hidung, mulut, dan dagu. Serta menjaga jarak, mencuci tangan dengan menggunakan sabun pada air mengalir atau menggunakan hand sanitizer, dan mengurangi mobilitas yang tidak perlu.


"Wajib menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dalam menjalankan kegiatan adat dan budaya,” tegasnya.


Ia menjelaskan, untuk mewujudkan Sapta Pesona di desa wisata, sadar wisata harus didukung dengan kesadaran masyarakat mencegah dan memutus mata rantai penyebaran covid-19, sehingga para wisatawan tidak ragu dan takut untuk berkunjung ke desa wisata.


“Mari kita manfaatkan waktu tiga hari pelatihan ini, agar memperoleh wawasan dan ilmu untuk dipraktikkan kepada masyarakat dan komponen lain yang ada di desa, agar Program Desa Wisata kita bisa diwujudkan” jelasnya.


Terpantau media, hadir dalam kegiatan Sosialisasi Sadar Wisata tersebut pihak Dispar, Dinas Kesehatan (Dinkes), Institute for Research and Empowerment (IRE) Yogyakarta, Forum Komunikasi Pembangunan Pariwisata, Redaktur Internasional Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara, Kepala Desa (Kades) Tebara Sumba Barat, UMKM Aroma Kopi Sumba, Pengelola Taman Rekreasi Kolam Cemara Kabupaten Sumba Barat, dan Tenaga Medis Dinkes Kabupaten SBD.