Iklan

Valerius Isnoho
30 Mar 2021, 13.30 WIB
HeadlineNews

Polemik Perekrutan TFL Dinas PUPR Manggarai, Kanis Deki: Ada yang tak Nyaman karena Terbiasa dengan Titip Orang di Instansi Pemerintah

Ketua Pansel TFL Dinas PUPR Manggarai, Kanisius Teobal Deki. (Foto: Valerius Isnoho)




Manggarai, Floreseditorial.com - Ketua Panitia Pelaksana (Pansel) Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Manggarai, Kanisius Teobal Deki, angkat bicara terkait polemik Perekrutan TFL di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT) itu.


Kepada media ini, Selasa (30/3/2021), Kanisius Deki, menyampaikan, seleksi terbuka itu memang menjadi model baru bagi Kabupaten Manggarai, yang sebelumnya tertutup sehingga banyak masyarakat tidak tahu terkait Perekrutan TFL itu.


Ia menambahkan, transparansi memang bagian dari spirit Bupati Manggarai, Hery Nabit. Menurutnya, kebiasaan lama harus diganti dengan cara baru yang profesional. 


"Cara baru ini tentu menggoyahkan para pihak yang selama ini nyaman dengan penitipan orang di Instansi Pemerintah. Kami tidak pernah melamar untuk menjadi Pansel juga. Menjadi Ketua Pansel, kami menerima Surat Keputusan (SK) dari Kepala Dinas (Kadis) PUPR No PUPR. 800.878/III/2021. Mengapa kami terpilih, tentu Dinas PUPR memiliki kriteria. Sebagai Akademisi Kampus STIE Karya, saya memandang penugasan ini sebagai bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya bidang Pengabdian Masyarakat," papar Kanis Deki.


Ia menyampaikan, polemik terkait dirinya yang menjadi Ketua Partai namun dipilih menjadi Ketua Pansel, menurutnya berlebihan. 


"Pansel ini memiliki tim yang majemuk dari berbagai kalangan, termasuk Staff PUPR. Pola pengambilan keputusan kolektif kolegial melalui Rapat Pleno," ungkapnya.


Untuk diketahui, susunan Pansel Perekrutan TFL Dinas PUPR yakni, Dosen STIE Karya, Kanisius Teobaldus Deki, sebagai Ketua Pansel, Direktur Yayasan Ayo Indonesia, Tarsis Hurmali, sebagai Sekretaris Pansel, dan sebagai Anggota Pansel yakni, Dekan UNIKA St. Paulus Ruteng, Maksimum Regus, Pr, Kasie Perencanaan PUPR, Heribertus Petria, serta Staff Bidang Cipta Karya, Noventius H. F. Ferrano Dugis.


"Saya terpilih karena berkompete. Beberapa waktu lalu, saya termasuk salah satu Pansel untuk Eselon II Kabupaten Manggarai. Track record itu rupanya menjadi alasan Kadis PUPR memilih saya sebagai salah satu Tim Pansel," tutupnya.