Iklan

Valerius Isnoho
18 Mar 2021, 23.20 WIB
Covid-19News

Positif Corona, Pedagang Pasar Inpres Ruteng Meninggal Dunia

    Ilustrasi (net)


Manggarai, Floreseditorial.com - LA (58), seorang Ibu Rumah Tangga (IRT) yang beralamat di Jalan Sudirman, Dongang, Kelurahan Pau, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan pasien positif virus corona atau covid-19 dan dinyatakan meninggal dunia, pada Kamis (18/3/2021).


Juru Bicara (Jubir) Satuan Gugus Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Manggarai, Lodovikus D. Moa, kepada media ini, Kamis (18/3/2021), menyampaikan, LA, bekerja sebagai Pedagang di Pasar Inpres Ruteng.


"Kasus ini bermula dari informasi yang diterima Satgas Covid-19, Tim Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes), dan Puskesmas Lao, yang dilaporkan oleh warga setempat terkait kecurigaan dan dugaan kematian salah seorang warga yakni, LA, yang ditengarai empat hari sebelum meninggal dunia sempat mengalami sakit yang menyerupai gejala covid-19 seperti batuk, pilek, dan panas. Kecurigaan warga bertambah karena suami pasien juga mengalami gejala sakit yang sama, persis sepert yang dialami almarhumah," papar Moa.


Ia menyampaikan, berdasarkan laporan tersebut, Satgas Covid-19, Tim Kesehatan Dinkes, dan Puskesmas Lao bergerak cepat dan berinisiatif mendatangi rumah almarhumah, untuk dilakukan pengambilan sampel Swab Post Mortem terhadap, LA, untuk pemeriksaan TCM/PCR di Laboratorium RSUD dr. Ben Mboi. Serta pengambilan sampel Swab dari suami almarhum, untuk pemeriksaan Rapid Test Antigen.


"Berdasarkan hasil pemeriksaan Swab Post Mortem TCM/PCR, LA, terkonfirmasi positif covid-19, dan hasil Rapid Test Antigen suami dari, LA, juga terkonfirmasi positif covid-19," jelasnya 


Ia menambahkan, Satgas Covid-19 telah melakukan  pengambilan sampel Swab terhadap seluruh anggota keluarga, almarhumah LA, untuk kepentingan pemeriksaan Rapid Test dan PCR. Giat penelusuran kontak kasus secara intensif juga dilakukan terhadap keluarga dan warga masyarakat.


"Diketahui, almarhumah LA, selama empat hari sebelum meninggal dunia, mengalami sakit dengan gejala demam, batuk, dan pilek. Almarhumah belum sempat memeriksakan dirinya ke Fasilitas Pelayanan Kesehatan," beber Moa.


Ia menjelaskan, Satgas Covid-19 telah melaksanakan proses pemakaman terhadap, LA, di Tempat Pemakaman Umum Cewonikit, dengan tetap mengikuti Protokol Covid-19.


Diketahui, hingga hari ini, Kamis (18/3/2021), total pasien positif covid-19 yang meninggal dunia di Kabupaten Manggarai mencapai 15 orang.