Iklan

Redaksi Flores Editorial
4 Mar 2021, 11.28 WIB
News

Tingkatkan Budaya Literasi Bersama Taman Baca Poco Ndeki Cakrawala

 
Penyerahan buku oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gugah Nurani Indonesia (GNI) kepada komunitas Taman Baca Poco Ndeki (Foto:Ist)


Manggarai Timur, Floreseditorial.com - Lembaga Sawadaya Masyarakat (LSM) Gugah Nurani Indonesia (GNI) yang beralamat di Kelurahan Kota Ndora, Kecamatan Borong, Kabupaten Manggarai Timur (Matim), Nusa Tenggara Timur (NTT) menyumbangkan 224 buku untuk Taman Baca Poco Ndeki Cakrawala.


"LSM Gugah Nurani Indonesia sangat mendukung semua gerakan dari semua unsur masyarakat yang punya konsentrasi terhadap tumbuh kembang anak. Kami sangat bersyukur bahwa pada hari ini, kami dapat menyumbangkan buku untuk Taman Baca Poco Ndeki Cakrawala," ungkap CDP GNI, Vinsen Paul Nanggor, kepada media ini, Kamis (4/3/2021).


Vinsen menjelaskan, untuk mendorong mutu pendidikan, harus dimulai dengan budaya membaca. Dengan membaca, anak-anak bisa berbicara dengan baik dan melakukan sesuatu dengan baik. Ia menyampaikan, LSM Gugah Nurani Indonesia sangat mendukung Taman Baca Poco Ndeki Cakrawala.


"Saat ini, kami menyumbangkan 224  judul buku untuk Taman Baca Poco Ndeki Cakrawala. Buku yang kami sumbangkan ini sangat terhindar dari hal-hal yang bersifat pornografi dan penghasutan. Jenis buku yang kami sumbangkan ini berupa majalah dan buku-buku pendidikan. Buku-buku yang kami sumbangkan ini bisa dibaca oleh semua kalangan baik SD, SMP dan SMA," jelasnya.


Ia berharap, buku yang mereka sumbangkan tersebut dapat berkontribusi terhadap indeks perkembangan manusia di wilayah Kabupaten Matim.


"Semoga taman baca ini bisa berkelanjutan, caranya lewat dukungan dari semua pihak, baik itu Pemerintah, BUMN, BUMD dan LSM lainnya yang betul-betul peduli terhadap tumbuh kembang anak, salah satunya lewat budaya literasi," harapnya.


Sementara itu, Ketua Taman Baca Poco Ndeki Cakrawala, Marselinus Minggus, menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Lembaga Sosial Masyarakat Gugah Nurani Indonesia, yang sudah memberikan bantuan buku untuk taman baca yang Ia rintis sejak awal Februari 2020 itu.


"Saya tidak menyangka LSM GNI bisa memberikan bantuan buku sebanyak ini. Ini langkah yang sangat luar biasa," ungkap Guru yang mengabdi di SDI Lidi Tanggo itu.


Marselinus menjelaskan, buku-buku yang diberikan itu sangat layak dibaca oleh semua kalangan, baik SD, SMP, SMA, juga kalangan masyarakat umum.


"Saya atas nama pribadi, dan anak-anak binaan Taman Baca Poco Ndeki Cakrawala berterima kasih kepada semua pihak, baik itu media massa dan LSM GNI yang telah mendukung gerakan mengkampanyekan budaya literasi ini. Kiranya Tuhan memberkati dan membalas jasa-jasa baik kalian," tuturnya.


Melalui taman baca tersebut, tambah Marselinus, anak-anak dan masyarakat sekitar bisa memanfaatkan kesempatan berharga itu untuk membaca dan meminjam buku, agar literasi tetap berjalan.