Iklan

Redaksi Flores Editorial
9 Mar 2021, 23.18 WIB
Headline

Undana Kupang Laksanakan Vaksinasi Covid-19

Ilustrasi. (Net)






Kupang, Floreseditorial.com - Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) akan melaksanakan Vaksinasi Covid-19 selama satu minggu kedepan, terhitung sejak Selasa (9/3/2021) hingga Senin (15/3/2021) mendatang.


Demikian disampaikan Rektor Undana Kupang, Fredrik L. Benu, kepada Wartawan saat hari pertama pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di RSU Undana, yang berlokasi di Naiktoen, Kota Kupang.


Fredrik menjelaskan, pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 tersebut sebagai bentuk dukungan Undana dalam mempercepat proses pencegahan penularan covid-19 di NTT, khususnya di Kota Kupang.


Ia menambahkan, dalam proses vaksinasi tersebut, Undana menargetkan sebanyak 1.300-an orang akan divaksin.


"Tahap pertama targetnya 416 orang dulu. Kita berharap Dosen dan Pegawai dapat berpartisipasi,” ungkap Fredrik.


Ia menyampaikan, proses vaksinasi tahap pertama yang dilakukan pihak Undana, sudah mendapatkan persetujuan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTT, melalui Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) NTT, dr. Meserasi. 


"Dalam pelaksanaannya, Undana mempersiapkan sendiri Perawat dan Tim Dokter, termasuk pembiayaan Tenaga Kesehatan," paparnya.


Selain itu, pencanangan vaksinasi tersebut, berkat koordinasi Undana dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Kupang. 


Terkait legalitas beroperasinya RSU Undana, Fredrik menjelaskan, RSU Undana secara dejure sudah memiliki izin dan terdaftar di Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia, sehingga saat ini sudah bisa beroperasi.


Meski demikian, lanjutnya, saat ini RSU Undana masih sebatas penyangga bagi RSUD W. Z. Johannes Kupang dalam menangani pasien covid-19.


“Masih jadi penyanggah, belum menerima pasien umum. Pasien umum akan diterima pada bulan Juni mendatang,” bebernya.


Sementara itu, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Kupang, Putu Alit Sudarma, menjelaskan, saat ini pihaknya sudah membentuk sebanyak lima tim, yakni tiga tim di Poltekes, Undana dan KKP sendiri.


"KKP sebagai unit pelaksana pusat yang menyiapkan buffer stok vaksin biofarma untuk pelayanan publik," jelas Sudarma.


Ia berharap, dengan adanya proses Vaksinasi Covid-19 dapat menekan angka penularan covid-19 di NTT, khususnya di Kota Kupang, Ibu Kota Provinsi NTT.