Iklan

Valerius Isnoho
19 Mar 2021, 21.32 WIB
News

Wabup Manggarai Resmikan Puskesmas Lango dan Puskesmas Iteng

 

Wakil Bupati Manggarai, Heribertus Ngabut, saat membuka Musrembang di Kecamatan Satar Mese, Jumat (19/3/2021). (Foto: Valerius Isnoho)

Manggarai, Floreseditorial.com - Wakil Bupati (Wabup) Manggarai, Heribertus Ngabut, meresmikan pemanfaatan Gedung Puskesmas Lango dan Puskesmas Iteng, sekaligus secara resmi membuka kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2022, bertempat di Iteng, Kecamatan Satarmese, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Jumat (19/3/2021).


Menurutnya, pelaksanaan pembangunan dapat berjalan baik jika didukung kesamaan pikiran dan persepsi, serta didukung oleh Sumber Daya Manusia (SDM), anggaran, dan fasilitas yang layak. 


"Bukan hanya soal fisik, bangun jembatan, jalan,  pembangunan cara berpikir ini juga penting. Itu cara berpikir juga pembangunan," tutur Wabup Heri, saat menyampaikan sambutan. 


Ia mengatakan, kedepannya pemerintah dihadapkan pada sejumlah pekerjaan yang harus segera diselesaikan, antara lain kelangkaan pupuk subsidi, persoalan hak ulayat tanah, pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak, dan rencana pemekaran Kecamatan Satarmese. 


"Bupati, Wakil Bupati, dan instansi teknis berkomitmen membahas ini kelangkaan pupuk subsidi dan actionnya, sebentar lagi harus ke Jakarta Pemerintah Pusat untuk mendiskusikan ini secara politik," tuturnya. 


Terkait penyelesaian persoalan tanah, Ia mengimbau, pihak kecamatan bisa membangun koordinasi dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN), agar persoalan tersebut segera terselesaikan.


"Supaya pelan-pelan bisa mengatasi paling tidak memperkecil kecenderungan terjadinya konflik, baik itu horizontal atau vertikal. Caranya adalah pembuatan sertifikasi tanah," ungkapnya. 


Khusus persiapan pelaksanaan Pilkades serentak, Wabup Heri, berharap agar pihak kecamatan menggandeng seluruh elemen masyarakat dan tokoh masyarakat, agar pelaksanaan Pilkades serentak dapat berjalan lancar, aman, tertib, dan sukses. 


Untuk rencana pemekaran Kecamatan Satarmese, Wabup Heri, berharap agar pihak kecamatan mampu memberikan jaminan bahwa rancangan lokasi aset tidak menyebabkan persoalan di kemudian hari. 


Sementara itu, Camat Satarmese, Damianus Arjo, menyampaikan sejumlah usulan prioritas pembangunan di wilayah Kecamatan Satarmese, antara lain permintaan tenaga dokter untuk Puskesmas Langgo dan Puskesmas Iteng, pembangunan beberapa jembatan di jalur Iteng-Koak, pembangunan Dermaga Iteng, pembangunan jaringan listrik di Desa Gara, Tado, dan Koak, serta perluasan jaringan listrik di sejumlah desa, pembangunan suplesi Wae Mantar I di Golo Cala. 


Selanjutnya, usulan rehabilitasi jalan provinsi Simpang Cumbi-Pongkor-Golo Cala-Iteng, peningkatan status desa persiapan menjadi desa definitif, pembentukan desa model, sertifikasi tanah P4SWM dan tanah masyarakat lainnya, serta usulan pemekaran Kecamatan Satarmese. 


Setelah membuka secara resmi kegiatan Musrembang RKPD, Wabup Heri, selanjutnya meresmikan penggunaan Gedung Puskesmas Langgo dan Iteng bertempat di Puskesmas Iteng. 


Pada kesempatan itu, Ia menyempatkan diri berdiskusi dan mendengarkan sejumlah keluhan dan usulan petugas kesehatan, antara lain usulan penambahan perawat, petugas satpam dan cleaning service, peningkatan status 30 orang Tenaga Sukarela Murni, usulan tenaga dokter, serta Tunjangan Jasa Medik. 


Turut hadir dalam acara itu, Asisten Administrasi Umum, Fransiskus Kakang, Plt. Kepala Dinas Kesehatan, Nobertus Burhanus, serta utusan dari Perangkat Daerah.