Iklan

Valerius Isnoho
28 Apr 2021, 17.44 WIB
News

Anggota DPRD Manggarai Kukuhkan Kelompok Tenun di Cibal

Anggota DPRD Kabupaten Manggarai, Yoakim Jehati (sudut kanan), saat foto bersama dengan Kelompok Tenun di Desa Lando. (Foto: Valerius Isnoho)


Manggarai, Floreseditorial.com - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Manggarai, Yoakim Jehati, kukuhkan Kelompok Tenun di Desa Lando, Kecamatan Cibal, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (28/4/2021).


Pengukuhan Kelompok Tenun tersebut bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam pemasaran hasil tenun di Kabupaten Manggarai.


"Saya hadir di depan Ibu-ibu semua pada kesempatan ini, untuk memastikan bahwa di Desa Lando telah dibentuk Kelompok Tenun, agar kedepannya bisa dikontrol Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Manggarai melalui Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Manggarai. Karena ke depan, Pemda Manggarai akan bangun showroom di setiap desa, melalui Dekranasda Manggarai, untuk mempromosikan semua hasil tenun dari Ibu-ibu semua," jelas Yoakim.


Ia menyampaikan, selama ini di Desa Lando sudah ada Kelompok Tenun, tapi belum dikelola maksimal. Karena, Yoakim meminta, kepada Ketua Kelompok Tenun yang ada di Desa Lando agar mendata semua warga yang bisa menenun.


"Karena Cibal Timur, untuk ke depan berpontensi untuk jadi tempat Pariwisata Tenun di Kabupaten Manggarai," ungkap Ketua Partai Golkar Manggarai itu.


Ia menambahkan, pada Agustus 2021 mendatang, hasil tenun yang ada di Manggarai akan dipromosikan ke luar negeri.


Sementara itu, salah satu Ketua Kelompok Tenun di Desa Lando, Garda Dimus, sangat antusias dengan dikukuhkannya Kelompok Tenun di Desa Lando.


"Kami sangat antusias dengar informasi bahwa mau bentuk Kelompok Tenun di Desa Lando. Tenun di desa kami merupakan salah satu mata pencaharian, untuk menghidupi keluarga dan untuk biaya sekolah anak-anak. Karenanya kami merasa sangat senang," beber Garda.


Ia berharap, kepada Pemda Kabupaten Manggarai melalui Dekranasda Manggarai dapat mempromosikan hasil tenun masyarakat hingga ke kancah internasional. 


Untuk diketahui, saat ini di Desa Lando memiliki empat Kelompok Tenun yang sudah dikukuhkan oleh Anggota DPRD Kabupaten Manggarai, Yoakim Jehati.