SWAPE UP UNTUK MEMBACA ARTIKEL
Berjumpa Damai di Gua Maria Cingcoleng

Iklan

 


FEC Media
24 Apr 2021, 19.26 WIB
Wisata

Berjumpa Damai di Gua Maria Cingcoleng

Gua Maria Cincoleng. (Foto: Net)


Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) memiliki begitu banyak daya tarik wisata yang mengagumkan. Tak hanya panorama alam, budaya, dan adat istiadatnya, wisata religi juga menjadi salah satu daya tarik wisata yang tak boleh dilewatkan.


Tepatnya di Kampung Ketang, Desa Tengku Leda, Kecamatan Lamba Leda, Kabupaten Manggarai Timur, terdapat gua alam yang menjadi tujuan peziarahan umat Katolik.


Gua Maria Cingcoleng. Begitu warga sekitar menamai tempat itu. Selain menjadi tempat ziarah umat Katolik se-Manggarai Raya, daya tarik wisata religi ini juga banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah di luar Flores, bahkan wisatawan mancanegara.


Sebuah patung Bunda Maria setinggi 1,5 meter ditempatkan di bibir gua. Selain itu, Kapel serta jalur untuk prosesi Jalan Salib.


Gua yang menyajikan ornamen alami seperti bebatuan stalagtit dan stalagmit ini, sungguh menambah pesona Gua Maria Cingcoleng.


Ornamen batu alam itu menghiasi dua lubang yang berada dalam gua. Lubang pertama ada di sebelah kanan patung Bunda Maria, yang panjangnya kurang lebih dua kilometer dan tembus ke Gua Alam Werwitu yang berada di bagian Timur. Sementara lubang kedua, berada di sisi kiri patung Bunda Maria, dengan panjang sekitar 300 meter. 


Tak hanya dihiasi ornamen batu alam yang mengagumkan, Gua Maria Cingcoleng juga menjadi habitat ribuan kelelawar. Selain itu, di dalam gua ini juga terdapat mata air yang mengalir keluar gua dan menjadi sumber air bagi warga sekitar.


Gua Maria Cingcoleng yang dilingkupi hijau dan sejuknya Hutan Werwitu, menambah syahduhnya tempat ini. Pepohonan rindang disekitarnya, akan menambah ketentraman setiap orang yang bernaung di bawahnya. 


Tak hanya itu, di bagian Barat gua ini, terdapat panorama persawahan warga Kampung Ketang yang sangat memanjakan mata setiap wisatawan.


Untuk berkunjung ke Gua Maria Cingcoleng, menempuh jarak 57 kilometer dari arah Ruteng-Manggarai, dengan waktu tempuh sekitar dua jam perjalanan menggunakan kendaraan umum menuju Benteng Jawa, Ibu Kota Kecamatan Lamba Leda.


Sedangkan jika Anda datang dari Borong, Ibu Kota Manggarai Timur, akan menempuh jarak 74 kilometer perjalanan, dengan waktu tempuh sekitar tiga jam. Dari Benteng Jawa, Anda harus melanjutkan lagi perjalanan menuju Utara sepanjang tiga kilometer hingga tiba di Gua Maria Cingcoleng.