Iklan

FEC Media
27 Apr 2021, 21.31 WIB
News

Cegah Penyalahgunaan Narkoba di Lingkungan Polri, Propam Polres Ngada Lakukan Pemeriksaan Urin bagi Personel


Giat pemeriksaan Urin di Lingkup Polres Ngada untuk mencegak penyalahgunaan narkoba. (Foto: Humas Polres Ngada).


Ngada, Floreseditorial.com - Propam Kepolsian Resor (Polres) Ngada, Nusa Tenggara Timur (NTT) bersama Urusan Kesehatan Polres Ngada menggelar pemeriksaan urin terhadap Personel di lembaga tersebut, bertempat di Lapangan Mapolres Ngada, Selasa (27/4/2021).


Operasi pemeriksaan urin terhadap Personel Polres Ngada dilakukan sebagai upaya dalam mendeteksi perilaku Personel Polres Ngada, bagi yang menyimpang secara dini, terutama dalam penyalahgunaan narkoba. 


Kapolres Ngada, AKBP Rio Cahyowidi, melalui Kasi Propam Polres Ngada, Ipda Nur Kholik, dan Paur Humas Polres Ngada selaku Plh. Paur Kesehatan Polres Ngada, mengatakan, kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari Program 100 Hari Kapolri, dan dilaksanakan secara acak terhadap para Personel.


"Kami dari Seksi Propam selalu melaksanakan kegiatan rutin dalam pemeriksaan terhadap Personel, baik dari segi sikap, tampang, dan kerapian. Selain itu, pemeriksaan surat-surat yang berhubungan dengan Personel, baik identitas pribadi maupun surat-surat kendaraan para Personel juga dilakukan," kata Ipda Nur, melalui rilis yang diterima media ini, Selasa (27/4/2021).


Ia berharap, sesuai tugas pokok, para Personel diharapkan tidak melakukan pelanggaran, khusus penyalahgunaan narkoba, agar dapat menjadi contoh kepada masyarakat.


"Harapannya sesuai tugas pokok kami agar para Personel tidak melakukan pelanggaran, khusus penyalahgunaan narkoba, agar menjadi contoh kepada masyarakat. Dan kami bersyukur sejauh ini, kami para Personel Polres Ngada tidak ada yang melakukan penyalahgunaan narkoba," imbuhnya.


Sementara itu, Paur Humas Polres Ngada, mengatakan, sesuai perintah Kapolres Ngada, Urkes Polres Ngada bersama Seksi Propam Polres Ngada akan menindaklanjuti Program 100 Hari Kapolri. Hal itu untuk meningkatkan disiplin Anggota Polri, sehingga tidak melakukan penyimpangan dan pelanggaran, terutama dalam penyalahgunaan narkoba di lingkungan Polri.


"Pengecekan urin terhadap Personel Polres Ngada sebagai upaya pencegahan dini, agar para Personel tidak terjerumus dan terlibat dalam lingkaran penyalahgunaan narkoba," ujarnya.


Dalam pemeriksaan tersebut, dari 50 Personel yang diperiksa secara acak, hasilnya ditemukan negatif sebagai pengguna narkoba.