Iklan

Ignasius Tulus
3 Apr 2021, 21.42 WIB
Bencana NTTNews

Cuaca Buruk Hantam Sebagian Wilayah NTT

 

Ilustrasi cuaca buruk. (Foto: Pixabay.com)

Kupang, Floreseditorial.com — Badan Meteorologi Geofisika Klimatologi (BMKG) mendeteksi adanya bibit siklon tropis 99S di Laut Sawu, Nusa Tenggara Timur, yang diperkirakan semakin menguat dalam 24 jam ke depan.


"Kondisi ini menyebabkan terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang dihampir seluruh wilayah NTT dalam periode beberapa hari kedepan," tulis Kepala Stasiun Meteorologi Kupang, Agung Sudiono Abadi dalam siaran pers, Sabtu (3/4/2021).


Agung menuliskan, kondisi itu terjadi di beberapa wilayah seperti Kota Kupang, Kabupaten Kupang, Kabupaten Timur Tengah Utara (TTU), Kabupaten Timur Tengah Selatan (TTS), Kabupaten Bellu, Kabupaten Malaka, Kabupaten Sabu Raijua, Kabupaten Rote Ndao, Kabupaten Nagekeo, Kabupaten Ngada, Kabupaten Ende, Kabupaten Lembata, Kabupaten Alor, Kabupaten Sumba Timur dan sebagian Kabupaten Flores Timur.


Sementara itu, Lanjut Agung, berdasarkan perkiraan cuaca berbasis dampak yang berpotensi banjir bandang dalam periode tiga hari kedepan dengan kategori siaga berpotensi terjadi di wilayah Kota Kupang, Kabupaten Kupang, TTS dan TTU.


"Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrim," tulisnya lagi.



Sementara Ketua Komisi V Dewan Perwalikan Rakyat Daerah (DPRD) Nusa Tenggara Timur (NTT), Yunus Huhu Takandewa meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTT agar menghidupkan posko-posko bencana ditengah Provinsi NTT sedang dilanda cuaca buruk.


"Kami meminta pemerintah khususnya Badan Penanggulangan Bencana Daerah provinsi Nusa Tenggara Timur agar meningkatkan kewaspadaan. Perkuat koordinasi, dengan menghidupkan posko-posko bencana," ujar Yunus kepada Floreseditorial.com, Sabtu (3/4/2021) sore.


Selain itu, Politisi PDIP itu juga meminta agar Pemerintah segera memantau dan membantu masyarakat yang tinggal di bibir pantai maupun masyarakat lain yang terkena dampak serius dari cuaca extrim ini.


Disampaikan Yunus, ditengah kondisi yang buruk ini, pemerintah harus Kerahkan semua kekuatan, termasuk menyalurkan bantuan kepada wilayah terdampak, seperti evakuasi dan penyaluran bantuan logistik.