SWAPE UP UNTUK MEMBACA ARTIKEL
Forum Floratama Manggarai Edition Resmi Dibuka

Iklan

 


FEC Media
16 Apr 2021, 22.23 WIB
News

Forum Floratama Manggarai Edition Resmi Dibuka

Bupati Manggarai, Herybertus G. L. Nabit, bersama Direktur Investasi dan Kelembagaan Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF), Nesya Amelia, membuka secara resmi Forum Flores, Lembata, Alor, dan Bima (Floratama) Manggarai Edition, bertempat di Spring Hill Ruteng


Manggarai, Floreseditorial.com - Bupati Manggarai, Herybertus G. L. Nabit, bersama Direktur Investasi dan Kelembagaan Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF), Nesya Amelia, membuka secara resmi Forum Flores, Lembata, Alor, dan Bima (Floratama) Manggarai Edition, bertempat di Spring Hill Ruteng, Jumat (16/4/2021) pagi. 


Forum Floratama bertema, "Harapan Pembangunan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Berkelanjutan Manggarai, Komunikasi, Koordinasi, Kolaborasi Pentahelix" tersebut membahas program awal yang akan dikerjakan dalam waktu dekat, agar pariwisata dan ekonomi kreatif di Manggarai dapat berkembang dan berkelanjutan. 


Dalam sambutannya, Bupati Hery, mengajak para pegiat pariwisata, masyarakat, dan pemerintah untuk saling berkoordinasi dan bekerja sama mengembangkan sektor tersebut.


"Sering kali kita di dalam pemerintahan, aturannya harus begini, harus begitu. Kita semua dibatasi aturan, bergeraknya agak lambat. Karena itu, kita bergembira karena masyarakat ternyata dengan keluwesannya, dalam segala keterbatasannya sekalipun, bergerak lebih cepat dengan ide-ide kreatif," tutur Bupati Hery. 


Ia menambahkan, tugas pemerintah adalah mengembangkan keahlian dari talenta muda dan menunjukkan pasar. Dalam perjalanannya, Bupati Hery, berharap agar keluwesan masyarakat di satu sisi dan dukungan aturan di sisi pemerintahan, dapat bersinergi dan berjalan beriringan. 


"Talent-nya itu sudah ada. Orang sudah memproduksi, orang sudah berbuat," ungkapnya. 


Demi menjembatani kedua pihak itu, maka kehadiran BPOLBF menjadi wadah yang diharapkan mampu mensinergikan dan mengakomodir kebutuhan dimaksud. Untuk kedepannya, menurut Hery, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Manggarai akan berfokus pada pengembangan wisata budaya dan religi.


Di lain pihak, Direktur Investasi dan Kelembagaan BPOLBF, Nesya Amelia, mengatakan, Forum Floratama dibangun karena pentingnya "Pentahelix", di mana unsur pemerintah, masyarakat atau komunitas, akademisi, pengusaha, dan media dapat bersatu membangun kebersamaan dalam pembangunan. 


"Forum ini dibangun untuk membangun komunikasi, koordinasi, dan kolaborasi dalam rangka menentukan arah perencanaan dan pembangunan di sektor pariwisata. Setiap kita, punya peran penting dalam memperkenalkan pariwisata di daerah masing-masing," ungkap Nesya.


Ia berharap, melalui forum perdana itu, dapat diperoleh jenis program dan kegiatan pariwisata yang sesuai dengan kearifan lokal di Kabupaten Manggarai. 


Ia menambahkan, terlaksananya Forum Floratama tersebut, sebagai bagian dari tindak lanjut Rapat Koodinasi antara BPOLBF dengan Pemda Kabupaten Manggarai, pada Selama (13/4/2021) lalu. Di mana pada pertemuan tersebut, BPOLBF mengajukan peluang kerja sama dengan Pemda Kabupaten Manggarai, dalam rangka percepatan pembangunan pariwisata dan ekonomi kreatif yang berkelanjutan dan berdaya saing.


Turut hadir dalam forum tersebut, Ketua Dekranasda Kabupaten Manggarai, Meldyanti Hagur, Plt. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Kepala Dinas Pertanian, Kepala KPH, MPIG, HPI, ASITA, Rumah Perubahan, Akademisi, dan Insan Pers.