SWAPE UP UNTUK MEMBACA ARTIKEL
Jaga Keutuhan NKRI, Polres Mabar Gelar Apel Kebangsaan

Iklan

 


FEC Media
26 Apr 2021, 23.12 WIB
News

Jaga Keutuhan NKRI, Polres Mabar Gelar Apel Kebangsaan

Apel kebangsaan Polres Manggarai Barat. (Foto: FEC Media)



Labuan Bajo, Floreseditorial.com - Kepolisian Resor (Polres) Manggarai Barat (Mabar), menggelar Apel Kebangsaan dengan tema "Kita Merah Putih, Ayo Jaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa di Kabupaten Manggarai Barat", bertempat di Lapangan Apel Mapolres Mabar, Jalan Frans Lega No.15, Labuan Bajo, pada Senin (26/4/2021) sekitar pukul 08.30 WITA.


Kapolres Mabar, AKBP Bambang Hari Wibowo, dalam amanatnya yang dibacakan oleh Wakapolres Mabar, Kompol Sukanda, menyampaikan, Apel Kebangsaan itu digelar dalam rangka pencapaian 100 hari Program Prioritas Kapolri, serta untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di Bumi Komodo, sebagai wujud komitmen seluruh masyarakat dalam mewujudkan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) yang kondusif.


"Apel Kebangsaan yang kita laksanakan ini, bertujuan untuk menguatkan rasa nasionalisme, menguatkan rasa cinta NKRI bersama-sama, dan untuk mengingatkan seluruh anak bangsa bahwa ke-bhineka-an yang ada di Indonesia adalah kekuatan utama untuk menjaga kedaulatan negara. Masyarakat juga harus bergerak bersama merawat ke-bhineka-an dan ke-Indonesia-an di tengah perbedaan pandangan yang selama ini ada," paparnya.


Kompol Sukanda mengatakan, situasi Pandemi Covid-19 yang membawa perubahan ke seluruh aspek kehidupan, tidak dapat menghalangi keberadaan kita untuk bersatu menuju Indonesia Maju. Menurutnya, situasi itu telah memaksa kita membuat kebiasaan hidup agar beradaptasi dengan kebiasaan baru, pola pikir dan etos kerja harus berubah, fleksibilitas kecepatan dan ketepatan sangat dibutuhkan.


"Yakinlah dengan semangat kebersamaan kita mampu mengatasi segala krisis yang ada," katanya.


Ia mengimbau, efisiensi kolaborasi dan penggunaan teknologi serta produktifitas harus ditingkatkan, dalam situasi darurat kesehatan yang berdampak pada pertumbuhan ekonomi saat ini.


"Dapat terlihat di mana banyak saudara kita yang merasakan dampaknya. Sejatinya, perjuangan memulihkan krisis kesehatan dalam hal ini penanganan covid-19 harus berjalan linear dengan adanya pemulihan ekonomi secara perlahan. Mari kita sama–sama mewujudkan memelihara Kamtibmas demi terciptanya iklim ekonomi yang membaik di tengah pandemi ini," tegasnya.


Melalui Apel Kebangsaan itu, Kapolres Mabar mengajak semua pihak agar terus bekerja sama, merajut kemajemukan dalam jalinan persaudaraan sesama anak negeri, mencegah dan menghindari permusuhan, pertikaian dan perpecahan, agar terjaga kerukunan serta tersokong kemajuan yang pada akhirnya akan terawat persaudaraan demi terwujudnya kesejahteraan yang merata di seluruh negeri, khususnya untuk kemajuan di Kabupaten Mabar.


"Kita semua harus merasa bertanggung jawab dalam memelihara Kamtibmas yang aman dan kondusif sesuai dengan bidang dan profesi masing–masing, untuk menjaga persatuan dan kesatuan agar tetap utuh sebagai bangsa yang besar. Marilah terus bersama menjaga kerukunan, mempererat tali persaudaraan, menolak segala bentuk dan tindakan yang melanggar hukum, mengedepankan dialog dengan musyawarah dan mufakat demi terciptanya kedamaian dan kerukuanan kehidupan bermasyarakat di Kabupaten Manggarai Barat ini," tegasnya," ungkapnya.


Dalam amanat itu, Kapolres Mabar menambahkan, beberapa bulan terakhir ini banyak kejadian bencana yang terjadi di Kabupaten Mabar.


"Kejadian seperti kebakaran pasar di Kecamatan Lembor, tanah longsor di Kecamatan Kuwus, angin kencang dan air pasang di Pulau Mesah, Kecamatan Komodo, dan kejadian–kejadian lainnya. Dampak yang terjadi menyebabkan korban jiwa dan kerugian materil. Hal ini perlu menjadi perhatian dan kesiapsiagaan. Oleh karena itu, dibutuhkan kerja sama kita semua untuk mengurangi korban jiwa dan materil," jelasnya.


Di akhir sambutannya, Kapolres Mabar mengajak seluruh pihak dan masyarakat agar menciptakan kerja sama yang baik, tidak membedakan suku, agama ataupun ras, warna kulit, rambut, jenis kelamin, kaya ataupun miskin.


"Semua sama di mata negara. Bangsa ini telah memberikan contoh lewat perilaku bukan sekadar gemba–gembor persatuan. Mari kita bersama–sama menjaga rasa persaudaraan, persatuan dan kesatuan di kehidupan khususnya untuk kemajuan Kabupaten Manggarai Barat yang kita cintai ini," tutupnya.


Apel Kebangsaan tersebut dipimpin oleh Wakapolres Mabar, Kompol Sukanda, mewakili Kapolres Mabar. Dan sebagai Komandan Apel yakni KBO Reskrim Polres Mabar, IPDA Ahmad Zacky Shodri.


Turut hadir dalam Apel Kebangsaan itu, Forkopimda Mabat serta melibatkan 3 Pilar (Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan Organisasi Masyarakat). Dihadiri pula oleh yang mewakili Ketua Pengadilan Negeri Labuan Bajo, Achmad Fauzi, Kasi Intel Kajari Mabar, I Putu Andy Suta, Danlanal Labuan Bajo, Mayor Laut (KH) Budi Purwoto, Kabag Ops Polres Mabar, AKP Robert M. Bolle, Kabag Ren Polres Mabar, AKP Didik Riyanto, Danki Brimob Kompi 4 Yon B Pelopor Labuan Bajo, IPTU Raymundo De Jesus, Danramil 1612-02/ Komodo, Kapten Inf. I Nyoman Sukada, Lurah Kecamatan Komodo, Imran, Lurah Labuan Bajo, Safrudin Malik, Ketua MUI Mabar, Zakar Abdul Jangku, Ketua PHDI Mabar, I Nyoman Budiartha, Purnawiran Polri, AKBP (purn) Lorens Edward Hello, dan Organisasi Masyarakat yang ada di Manggarai Barat.