Iklan

Valerius Isnoho
24 Apr 2021, 13.32 WIB
Pendidikan

Kampus Unika Ruteng Laksanakan LKMM

Suasana kegiatan LKMM Unika Santu Paulus Ruteng. (Foto: Valerius Isnoho)


Manggarai, Floreseditorial.com - Kampus Universitas Katolik Indonesia (Unika) Santu Paulus Ruteng, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT), melakukan kegiatan Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM), di Aula Gedung Utama Lantai 5 Kampus UNIKA, Jumat (23/4/2021).


LKMM dengan Tema, "Maju Dalam Manajemen Organisasi Kampus untuk Membentuk Diri Menjadi Mahasiswa yang Mandiri dan Bertanggung Jawab" itu dibuka oleh Rektor Unika Santu Paulus Ruteng, Yohanes Servatius Lon.


Dalam sambutannya, Ia menyampaikan, kegiatan tersebut sangat strategis untuk peningkatan kualitas diri, dan sangat relevan dengan tuntutan dunia kerja di era globalisasi sekarang ini.


"Globalisasi di satu sisi membuat dunia kerja semakin banyak persaingan, apalagi di era digital sekarang ini," ungkap Yohanes.


Ia menyampaikan, tujuan dilaksanakannya LKMM tersebut, untuk mempersiapkan mahasiswa agar memeliki kompetisi dan kemampuan yang lebih, untuk bisa bersaing di dunia kerja di era globalisasi sekarang.


Sementara itu, Ketua Panitia Kegiatan LKMM Unika Santu Paulus Ruteng Tahun 2020/2021, Eugenius Rada Masri, kepada floreseditorial.com, Sabtu (24/4/2021), menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang biasa dilakukan pihak kampus setiap tahun.


"Kegiatan ini manfaatnya bagus, karena bisa mencapai standar kompetensi yang bisa diharapkan. Kegiatan ini minimal kita lakukan selama tiga hari. Karena ini sebuah pelatihan kepemimpinan dan juga keterampilan manajemen mahasiswa, kegiatan ini kita wajib laksanakan setiap tahun," ungkap Romo Eugensius.


Ia mengatakan, LKMM merupakan kegiatan bonus bagi mahasiswa, karena di luar kurikulum. Menurutnya, kegiatan tersebut termasuk ekstrakurikuler, yang sangat bermanfaat ketika mahasiswa nanti sampai dilapangan.


"Jadi mereka punya keterampilan-keterampilan khusus yang dibutuhkan untuk bisa mengubah situasi di lapangan, dan itu pontensi bagus untuk mereka," katanya.


Romo Eugensius berharap, kepada peserta yang ikut LKMM, agar betul-betul mengikuti setiap sesi yang ada.


"Karena ini sebuah pelatihan, karena itu sangat bermanfaat bagi masa depan mereka, apa lagi di dunia kerja sekarang ini yang semakin banyak persaingan," tegasnya.


Di lain sisi, Ketua BEM-FKIP Unika Santu Paulus Ruteng, Teofilus Mulyadi, yang juga Peserta LKMM tersebut, kepada media ini, Sabtu (24/4/2021), menyampaikan, LKMM dapat melatih mahasiswa dalam memanajemen organisasi kemahasiswaan intra kampus seperti BEM, HMPS, dan UKM. 


"UNIKA St. Paulus Ruteng Tahun Akdemik 2020/2021 mengalami keterlambatan dalam melaksanakan kegiatan ini. Seharusnya kegiatan ini dilaksankan awal memasuki tahun ajaran baru, agar program kerja pengurus organisasi intra kampus berjalan sesuai rencana. Tetapi karena terhambat oleh virus corona atau covid-19, sehingga kami sesuaikan dengan situasi yang sedang terjadi. Bagi kami, LKMM ini begitu penting karena program kerja pengurus setahun ke depan dimuat dalam kegiatan LKMM ini," papar Teofilus.


Ia menyampaikan, selaku pengurus organisasi intra kampus, pihaknya berterima kasih, setidaknya waktu yang tersisa ke depan dapat diisi dengan kegiatan yang bermanfaat untuk mahasiswa, lembaga, dan masyarakat.


Diketahui, kegiatan tersebut berlangsung mulai tanggal 23 sampai 25 April 2021, dengan tetap mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes).