Iklan

Pankrasius Y. Gandung| <br>Penulis<br>
26 Apr 2021, 19.57 WIB
News

Pemda Matim Kembali Diduga Langgar Prokes

 

Suasana pengurusan dokumen kependudukan di Kantor Kelurahan Mando Sawu dan Desa Compang Wesang, Kecamatan Lamba Leda Selatan, Kabupaten Matim, diduga melanggar Protokol Kesehatan. (Foto: Pankra Yoris)

Manggarai Timur, Floreseditorial.com - Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Manggarai Timur (Matim) diduga kuat kembali melanggar Protokol Kesehatan (Prokes), dengan mengumpulkan ratusan massa saat melakukan pelayan dokumen kependudukan, pencatatan sipil, perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP), dan perekaman Kartu Identitas Anak (KIA) oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), di Kantor Kelurahan Mando Sawu dan Desa Compang Wesang, Kecamatan Lamba Leda Selatan, Kabupaten Matim, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Senin (26/4/2021).


Pantauan media di lokasi, kegiatan yang dihadiri Kepala Disdukcapil Kabupaten Matim, Robertus Bonafantura, beserta Jajarannya itu, turut dipadati ratusan warga, tanpa mengindahkan Prokes.


Salah satu warga Kelurahan Mando Sawu, FK, saat ditemui media ini, mengatakan, dirinya sangat prihatin dengan pelaksanaan kegiatan tersebut. 


“Saya merasa prihatin dengan kegiatan ini, kegiatan yang menghadirkan banyak orang dan tidak menerapkan Protokol Kesehatan,” jelasnya.


Suasana pengurusan dokumen kependudukan di Kantor Kelurahan Mando Sawu dan Desa Compang Wesang, Kecamatan Lamba Leda Selatan, Kabupaten Matim, diduga melanggar Protokol Kesehatan. (Foto: Pankra Yoris)


Sementara itu, Kepala Disdukcapil Matim, Robertus Bonafantura, saat ditemui floreseditorial.com di Kantor Kelurahan Mando Sawu, mengatakan, dirinya juga kaget dengan situasi itu.


“Mungkin tadi pihak kelurahan terlambat melakukan antisipasi itu,” kata Robert.


Di lain sisi, Kepala Desa (Kades) Compang Wesang, Yulius Lesing, berdalih bahwa pihaknya lupa menyiagakan fasilitas cuci tangan dan imbauan Prokes lainnya.


“Kami lupa siapkan tadi,” katanya.


Sebelumnya, dugaan pelanggaran Prokes juga dilakukan oleh Pemda Matim, saat Kegiatan Pemaparan Hasil Ujian Sekolah Berstandar Digital (USBD) jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP).


Kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (PPO) itu, dihadiri sekitar 136 Kepala SMP dan Bendahara, yang diselenggarakan pada Kamis (22/4/2021) lalu.