Iklan

Redaksi Flores Editorial
8 Apr 2021, 14.10 WIB
FeatureHeadline

Sapaan Nabit untuk Deno: “Selamat Jalan Kae Geong”

Hery Nabit, saat tiba di Rumah Duka. (Foto: Prokopim Manggarai)


Manggarai, floreseditorial.com - Cuaca mendung menyelimuti Kota Ruteng, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT) saat Bupati Manggarai, Hery Nabit, mendatangi kediaman Bupati Manggarai Periode 2016-2021, Deno Kamelus, pada Kamis (8/4/2021).


Mengenakan kemeja putih, Hery, mendatangi rumah, Deno, tanpa protokoler sebagaimana pejabat daerah pada umumnya.


Matanya berkaca-kaca, melihat pesaing utamanya saat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 silam itu terbaring di dalam peti jenazah berwarna putih. Sesekali, Hery, menengadah ke langit, seakan ingin menahan agar air mata tak membasuh wajahnya.


“Selamat jalan Kae geong,” kata Hery, memecah keheningan ruang duka di rumah yang beralamat di Compang Carep, Kecamatan Langke Rembong itu.


Tak kuasa bertutur lebih jauh, Hery, duduk di sebuah kursi pelastik tak jauh dari peti jenazah, Alm. Deno Kamelus, yang telah terbujur kaku.


Meski berusaha terlihat tegar, eksepresi kesedihan mendalam Bupati Manggarai itu tidak terbendung.


Di samping jasad sang suami, Yeni Veronika, dan anak-anaknya, duduk berdampingan. Mereka menyapa setiap tamu yang datang memberikan penghormatan terkahir pada mantan penguasa Manggarai selama 15 tahun itu.


Yeni, tak banyak berujar. Namun, tergambar jelas raut wajah wanita yang masih menjabat sebagai Anggota DPRD Provinsi NTT itu, larut dalam kesedihan mendalam.


Seperti diketahui, mantan Bupati Manggarai, Deno Kamelus, meninggal dunia pada Selasa (6/4/2021) malam, di Rumah Sakit Siloam, Labuan Bajo. Almarhum yang wafat pada usia 61 tahun itu, dikabarkan menderita sakit serius sejak sebulan lalu, dan dirawat di rumah sakit tersebut sejak 26 Maret 2021.