Iklan

FEC Media
15 Apr 2021, 08.51 WIB
Covid-19

Tekan Angka Penularan Covid-19, Pemda Sikka Resmikan Kampung Tangguh Nusantara

Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo, saat memukul gong pertanda Kampung Tangguh Nusantara Kelurahan Wuring telah diresmikan, Rabu (14/4/2021). (Foto: FEC Media/Lazarus)


Sikka, Floreseditorial.com - Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo, meresmikan Kampung Tangguh Nusantara Kelurahan Wuring, bertempat di Aula Kantor Kelurahan Wuring, Kecamatam Alok Barat, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Rabu (14/4/2021) siang.


"Berbicara tentang Kampung Tangguh, mantan Kapolda Jawa Timur bersama Jajarannya, berupaya menurunkan keterpaparan virus corona atau covid-19 dengan membangun Kampung Tanggung, dan ternyata berhasil. Dengan diresmikannya Kampung Tangguh ini, semoga masyarakat Kabupaten Sikka khususnya warga Kelurahan Wuring tetap melaksanakan aktivitas setiap hari seperti biasa," ungkap Bupati yang akrab disapa Robi Idong itu.


Ia menambahkan, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Sikka berharap, meski di masa Pandemi Covid-19 ini, Petani harus tetap produksi, Nelayan harus tetap melaut, dan semua orang tetap bekerja, dengan menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19 secara ketat.


"Semua orang tetap bekerja agar ekonomi stabil, tapi harus tetap mengikuti Prokes Covid-19," tegasnya.


Sementara itu, Camat Alok Barat, Fransiskus Mangge, dalam sambutannya mengatakan, konsep pembentukan Kampung Tangguh di Kelurahan Wuring adalah gerakan soasial yang melibatkan seluruh masyarakat, dalam rangka menekan meluasnya virus corona, yang napasnya adalah gotong-royong. 


"Ada tiga konsep pembentukan Kampung Tangguh di Kelurahan Wuring yakni, manfaatkan gerakan sosial berbasis gotong-royong, ditingkat RT/RW mudah melakukan koordinasi sehingga mengatasi dan mencegah masalah yang terjadi di masing-masing wilayah, serta membangun gerakan berjejaring ketika ada masalah sehingga bisa ditangani secara cepat," paparnya.


Di sisi lain, Lurah Wuring, Gregorius Gate, dalam laporannya mengatakan, Kampung Tangguh Nusantara dibentuk dengan maksud untuk meningkatkan ketahanan masyarakat dalam menghadapi Pandemi Covid-19 dan penyakit lainnya.


"Upaya yang sudah dilakukan di Kelurahan Wuring yakni, sudah dilakukan pendataan bagi warga yang melakukan perjalanan, serta berkoordinasi dengan pihak terkait menyangkut hal-hal dalam penanganan Pandemi Covid-19 ini," tukasnya.


Laporan: Lazarus