Iklan

FEC Media
15 Apr 2021, 13.30 WIB
News

Wabup Mabar Buka Bimtek SP4N

Wakil Bupati Manggarai Barat, dr. Yulianus Weng, membuka kegiatan Bimbingan Teknis. (Foto: Net)


Manggarai Barat, Floreseditorial.com - Wakil Bupati (Wabup) Manggarai Barat (Mabar), dr. Yulianus Weng, membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pejabat Penghubung Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) dengan aplikasi Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR), berlangsung di Hotel Prundi Labuan Bajo, Kamis (15/4/2021).


Dalam sambutannya, Wabup Weng, mengatakan, pemerintah sebagai penyelenggara pelayanan publik berkewajiban memenuhi kebutuhan masyarakat dalam bentuk barang publik, jasa publik, dan pelayanan administratif. Berkaitan dengan hal tersebut, maka salah satu hal penting dalam upaya membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis, dan terpercaya yaitu dengan melibatkan masyarakat. 


"Hal yang penting bagi kita di Pemerintah Daerah (Pemda) dalam membangun tata kelola pemerintahan yang bersih itu, salah satu syarat utama yaitu melibatkan masyarakat dalam hal pengawasan terhadap pembangunan dan penyelenggaraan pelayanan publik," tegas dr. Weng.


Ia menjelaskan, berkembangnya permasalahan dan kebutuhan masyarakat, memaksa pemerintah untuk menjadikan SP4N-LAPOR sebagai solusi, terutama dalam menghadapi tantangan pengelola pengaduan dan penyaluran aspirasi ke depan. 


"Yang menjadi admin dalam SP4N-LAPOR ini wajib untuk segera merespon setiap pengaduan. Walaupun kadang ada pengaduan yang tidak riil, tapi setiap laporan masyarakat wajib kita respon. Bila perlu, aduan ini juga masuk ke nomor handphone Bupati dan Wabup, agar kami juga langsung tahu," ungkapnya.


Untuk diketahui, SP4N-LAPOR merupakan sarana pengaduan pelayanan secara elektronik, yang terintegrasi dengan mekanisme metode dan prosedur yang transparan dan akuntabel.


Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Asisten Administrasi Umum, Ismail Surdi, Biro Administrasi Setda Provinsi NTT, Iman Halisi, Organisasi Perangkat Daerah OPD Lingkup Pemda Mabar, dan para Pejabat Penghubung SP4N-LAPOR.