SWAPE UP UNTUK MEMBACA ARTIKEL
Wujudkan Perawat Kompeten, PPNI Manggarai Laksanakan Uji Kompetensi Nasional

Iklan

 


Valerius Isnoho
18 Apr 2021, 12.10 WIB
News

Wujudkan Perawat Kompeten, PPNI Manggarai Laksanakan Uji Kompetensi Nasional

Ketua PPNI Manggarai, Lodovikus D. Moa, saat mengawasi Uji Kompetensi Nasional Perawat, di SMK Sadar Wisata Ruteng. (Foto: Valerius Isnoho)


Manggarai, Floreseditorial.com - Dewan Pengurus Daerah (DPD) Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT) bekerja sama dengan Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PPNI, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PPNI, Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia (MTKI) dan Pendidikan Tinggi (Dikti), melaksanakan Uji Kompetensi Nasional (Ukomnas) bagi para Perawat di Kabupaten Manggarai.


Pelaksanaan Ukomnas tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No 2 Tahun 2020 tentang Tata Cara Pelaksanaan Uji Kompetensi Bidang Kesehatan Tahun 2021 pada Masa Pandemi Covid-19.


Ketua PPNI Kabupaten Manggarai, Lodovikus D. Moa, kepada Awak Media, Minggu (18/4/2021), menyampaikan, pelaksanaan Ukomnas Perawat 2021 yang dilaksanakan oleh DPD PPNI Kabupaten Manggarai, menggunakan satu metode ujian yakni Computer Based Test (CBT) secara onlin, di lokasi atau Tempat Ujian Kompetensi (TUK) yang memiliki CBT Centre dan memenuhi standar.


"Adapun Perawat yang bisa mengikuti Ukomnas secara online adalah Perawat Retaker yang telah dinyatakan lulus oleh Perguruan Tinggi, dan terdaftar di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PT-Dikti). Perawat Retaker yang akan mengikuti Ukomnas di Kabupaten Manggarai berjumlah 80 Perawat, yang terdiri dari 18 Perawat Vokasional Tamatan D3 Keperawatan dan 64 Ners Tamatan S1 Keperawatan+Profesi," papar Moa.


Ketua Panitia Ukomnas Tingkat Kabupaten Manggarai itu menambahkan, pelaksanaan Ukomnas merupakan salah satu agenda kegiatan PPNI Kabupaten Manggarai, dalam rangka meningkatkan kualifikasi dan kompetensi Perawat, sesuai amanat UU Keperawatan No 38 Tahun 2015 dan UU Nakes No 36 Tahun 2014 terkait Persyaratan Sertifikasi dan Standard Perawat dan Nakes untuk dapat bekerja di Tatanan Pelayanan Kesehatan.


"Ukomnas Perawat juga merupakan bagian dari upaya standarisasi, registrasi, dan prasyarat izin praktik bagi Perawat yang akan memberikan pelayanan kesehatan dan keperawatan di Kabupaten Manggarai khususnya, dan Indonesia umumnya," ungkapnya.


Ia berharap, Ukomnas yang dilaksanakan DPD PPNI Kabupaten Manggarai mampu menyaring Perawat Manggarai yang kompeten, untuk memberikan pelayanan keperawatan kesehatan secara paripurna kepada masyarakat, dengan prinsip utama keselamatan pasien.


"Pelaksanaan Ukomnas juga merupakan upaya PPNI Manggarai mewujudkan pelayanan kesehatan dan keperawatan yang berkualitas kepada masyarakat. Maka sangat diperlukan sumber daya Perawat yang kompeten dan profesional, untuk mendukung pelayanan kesehatan di Kabupaten Manggarai," tegasnya.


Untuk diketahui, Ukomnas bagi Perawat Vokasi Tamatan D3 Keperawatan berlangsung pada 17-18 April 2021, sementara Ukomnas bagi Ners Tamatan S1 Keperawatan+ Ners berlangsung pada 27-28 April 2021. Pelaksanaan Ukomnas berpusat di SMK Sadar Wisata Ruteng, Kabupaten Manggarai.


"Terkait pencegahan penyebaran virus corona atau covid-19, pelaksanaan Ukomnas Perawat di Kabupaten Manggarai mengikuti tata cara dan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19, sesuai tata laksana yang ditentukan oleh Komite Nasional Ukomnas," tukas Moa.