Iklan

Pankrasius Y. Gandung| <br>Penulis<br>
1 Mei 2021, 21.43 WIB
News

68 Orang di Matim Diduga Keracunan Makanan, 1 Orang Dilarikan ke RSUD Ben Mboi Ruteng

 

Sejumlah warga yang tengah dirawat di Klinik Pratama Wejangan Asi Mano, diduga keracunan makanan. (Foto: Pankra Yoris)

Manggarai Timur, Floreseditorial.com - Diduga keracunan makanan, sejumlah warga Pau, Kelurahan Nggalak Leleng, Kecamatan Lamba Leda Selatan, Kabupaten Manggarai Timur (Matim), Nusa Tenggara Timur (NTT) dilarikan ke Klinik Pratama Wejang Asi Mano dan Puskesmas Mano. 


Dari data yang dihimpun media ini, Sabtu (1/5/2021), sebanyak 68 warga Pau telah mendapat perawatan di dua layanan kesehatan tersebut.


Dokter di Klinik Pratama Wejang Asi Mano, dr. Pilipus Matur, kepada media ini mengatakan, hingga malam ini, ada 38 orang yang telah mendapat pertolongaan pertama. 


"Dari 38 orang tersebut, ada lima orang yang telah pulang dan, satu orang kita telah rujuk ke RSUD Ben Mboi Ruteng. Gejala yang mereka alami yakni deman, mencret, panas tinggi, pusing, hingga muntah-muntah," ungkap dr. Pilipus.


Ia menyampaikan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Matim, untuk segera melakukan tes terhadap sampel makanan dan air minum yang dikonsumsi warga tersebut.


Sementara itu, Kepala Puskesmas (Kapus) Mano, Paskalis Jangkar, mengatakan, hingga saat ini, pihaknya telah menerima sebanyak 30 pasien dari Pau, dan telah ditangani.