Iklan

 




FEC Media
24 Mei 2021, 18.09 WIB
Covid-19

Bantu Tangani COVID-19, Sepuluh Relawan di Desa Poco Ri’i Disiagakan

Relawan Covid-19 desa Poco Ri’i. (Foto: FEC Media)


Manggarai Timur, Floreseditorial.com - Pemerintah desa Poco Ri’i terus mewaspadai bahaya pandemi Covid-19 dengan membentuk tim tanggap Covid-19.


Pembentukan tim tersebut mengacu pada Surat Edaran No 8 Tahun 2020 tentang Desa Tanggap COVID-19 dan Penegasan Padat Karya Tunai Desa yang dikeluarkan Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar beberapa waktu lalu.


“Kita berharap, wabah COVID-19 ini segera teratasi. Meski angka penderita Covid-19 menurun, kita harus tetap waspada," ujar Paulus Junda, Kepala Desa Poco RI’i  dalam keterangan yang diterima media ini, Senin (24/5/2021).



Di desa tersebut, terdapat 10 relawan Desa Lawan COVID-19 yang bertugas mencegah, menangani, dan berkoordinasi intensif dengan Dinas Kesehatan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Manggarai Timur (Matim).


Menurut Paulus, relawan desa diketuai oleh dirinya sebagai kepala desa dengan wakilnya ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD).


“Beranggotakan perangkat desa, anggota BPD, kepala dusun, ketua RW, ketua RT, pendamping lokal desa dan pendamping lainnya yang berdomisili di desa, bidan desa, tokoh agama, adat, masyarakat, dan kader penggerak masyarakat desa serta memiliki mitra relawan dari Babinkamtibmas dan Babinsa,” kata Paulus Junda.


Menurutnya, relawan desa memiliki sejumlah fungsi, di antaranya melakukan edukasi dan sosialisasi informasi terkait gejala, cara penularan, serta langkah-langkah pencegahan penyebaran COVID-19. 


“Mereka juga ditugaskan mendata penduduk yang baru datang dari Luar Daerah,” katanya.


Selain itu, katanya, relawan diminta menyediakan informasi penting terkait dengan penanganan COVID-19.


“Termasuk deteksi dini penyebaran COVID- 19, dengan memantau pergerakan masyarakat,” tandasnya.


Ia menambahkan, keberadaan relawan juga berfungsi untuk penanganan warga desa penderita COVID-19.