Iklan

 




FEC Media
23 Mei 2021, 20.12 WIB
EkbisHeadline

BUMDes Poco Nembu Untuk Kemandirian Ekonomi Masyarakat Desa di Colol

Lopo Dia Bisa, BUMDes Poco Nembu, Colol. BUMDes ini adalah salah satu Badan Usaha Milik Desa Binaan BPD NTT. (Foto: FEC Media)


Manggarai Timur, Floreseditorial.com - Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Poco Nembu berhasil menjadikan Kopi Colol menjadi primadona ekonomi warga.


Hal itu ditunjukkan dengan adanya peningkatan ekonomi masyarakat Desa Poco Nembu, Colol, Kabupaten Manggarai Timur (Matim), yang sangat signifikan.


BUMDes dengan nama Dia Bisa ini sudah berpenghasilan sendiri berkat dukungan PT. Bank Pembangunan Daerah Nusa Tenggara Timur (BPD NTT) cabang Borong, Manggarai Timur. 


Di BUMDes ini, masyarakat didorong untuk pengelolaan Kopi.


Kepala BPD NTT Cabang Borong, Nurchalis Tahir, meyakini wilayah itu akan mampu berkembang lebih pesat jika diperkuat dengan promosi yang lebih luas. 


Karenanya, ia meminta agar semua pihak semakin sinergis membangun dan mempercantik kawasan Desa Poco Nembu, Colol.


"Semua pihak harus bersinergis membangun wilayah Desa Colol," ucapnya, Minggu (23/5/2021) saat menghadiri peresmian unit Usaha BumDes Colol, Lopo Dia Bisa.


Gubernur NTT, Viktor Laiskodat saat meresmikan BUMDess Poco Nembu, Minggu 23/5/2021. (Foto: FEC Media)


Sementara, Bupati Manggarai Timur, Agas Andreas mengatakan Kabupaten Manggarai Timur memiliki potensi sumber daya alam yang bagus.


“Kini Kopi menjadi motor penggerak pembangunan di Colol dan bersinergi dengan sektor lain. Memaksimalkan pemberdayaan masyarakat, tentu ini meningkatkan derajat kesejahteraan masyarakat,” ujar Agas.


Dia meyakini dengan adanya BUMDes di Colol saat ini, potensi-potensi desa akan meningkat secara optimal. 


“Setiap desa saya dorong untuk memiliki BUMDes termasuk desa Colol. Hasil yang ada saat ini dan mampu mengurangi kemiskinan," tuturnya.


Sementara Gubernur NTT, Viktor Laiskodat, dalam sambutannya ketika meresmikan Lopo Dia Bisa, mendorong kesejahteraan para Petani kopi.


Gubernur Laiskodat berharap,  Kopi Colol dapat dijadikan andalan ekonomi masyarakat.


Dia berjanji untuk tetap dorong produk Kopi Colol,  sebagai kopi terbaik yang mendominasi di pasaran.