Iklan

FEC Media
3 Mei 2021, 18.14 WIB
Headline

Peristiwa Keracunan Massal di Lamba Leda Selatan Ditetapkan Sebagai Kejadian Luar Biasa

Ilustrasi. (Foto: Net)


Manggarai Timur, Floreseditorial.com - Bupati Manggarai Timur (Matim), Agas Andreas, menetapkan peristiwa keracunan Massal yang menimpa sekitar 170an orang di Kecamatan Lamba Leda Selatan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB).


Ketetapan KLB tersebut tertuang dalam surat penetapan KLB keracunan Pangan Nomor: UM.090/Dinkes/858/V/2021.


Kabag Prokopim Setda Matim, Jefrin Haryanto, dalam keterangan yang diterima FEC Media mengatakan, peristiwa keracunan makanan yang terjadi di Kecamatan Lamba Leda Selatan ditetapkan sebagai KLB, mengacu pada Peraturan Mentri Kesehatan No.3 tahun 2013 tentang Kejadian Luar Biasa Keracunan Pangan.


Sebelumnya diketahui, ratusan orang dilaporkan mengalami keracunan makanan saat mengikuti sebuah hajatan yang terjadi di Dusun Pau, Kelurahan Nggalak Leleng Kecamatan Lamba Leda Selatan pada Sabtu (01/5/2021) lalu.


Data yang dihimpun media ini, hingga Senin (03/05/2021) sore, sebanyak 13 Orang dirawat di RSUD Manggarai, 1 Orang dirawat di RSUD Ngada dan 2 orang dirawat di Puskesmas Colol.


Sementara, yang dirawat di Puskesmas Mano dan Puskesmas Lengko Ajang masing-masing sebanyak 47 dan 3 orang dan yang dirawat di Klinik Wejang Asih sebanyak 34 Orang. 


Sementara 47 orang lainnya dirawat di rumah masing-masing.


Hingga saat ini, 15 orang telah dinyatakan sembuh.