Iklan

FEC Media
4 Mei 2021, 20.20 WIB
News

Polsek Macang Pacar Pantau Penerapan Prokes di Pasar Bari

 

Personel Polsek Macang Pacar saat melaksanakan patroli penerapan Prokes Covid-19 di Pasar Bari. (Foto: Humas Polres Mabar)

Manggarai Barat, Floreseditorial.com - Dalam rangka mencegah penyebaran virus corona atau covid-19, Polsek Macang Pacar, Polres Manggarai Barat (Mabar), Polda Nusa Tenggara Timur (NTT) melaksanakan patroli dengan menyambangi Pasar Tradisional Bari, di Dusun Bari Barat, Desa Bari, Kecamatan Macang Pacar, Kabupaten Mabar, Senin (3/5/2021) sekitar pukul 09.00 WITA.


Patroli yang dipimpin Kanit Binmas, Bripka Suhardin, bersama dua Personil Polsek Macang Pacar itu bertujuan untuk melihat kepatuhan warga dalam melaksanakan Protokol Kesehatan (Prokes) Pencegahan Covid-19, dan untuk menciptakan situasi Kamtibmas aman dan kondusif di Bulan Suci Ramadhan.


Kapolsek Macang Pacar, IPDA Iwan Hendriawan, kepada Awak Media, menyampaikan, dalam patroli itu, pedagang dan pengunjung Pasar Tradisional Bari terus diingatkan pentingnya menerapkan 5M, yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan, serta membatasi mobilitas.


Disamping menerapkan 5M, warga juga diharpakan tetap menjaga imunitas tubuh dengan cara mengkonsumsi makanan yang bergizi dan seimbang, serta istirahat dan olah raga yang cukup.


"Hal tersebut dilakukan sebagai pertahanan diri dari penularan virus corona. Adanya patroli rutin ini untuk menghadirkan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat, serta mengajak warga untuk patuh terhadap Prokes, serta menjaga pola hidup sehat," kata Iwan.


Ia menyampaikan, pasar merupakan area sentral yang sangat rawan terjadinya tindakan kriminal, sehingga Petugas terus melakukan imbauan secara langsung. IPDA Iwan, berharap kehadiran Anggota Polri di tengah aktivitas rutin masyarakat dapat memberikan rasa aman dan nyaman, serta meningkatkan kepatuhan terhadap Prokes Covid-19.


Selain memberikan imbauan tentang pentingnya menerapkan Prokes, pihaknya juga memberikan pesan–pesan Kamtibmas secara humanis dan memberikan imbauan untuk tidak melaksanakan mudik di hari raya Idul Fitri 1442 H.


"Kami juga minta kepada warga agar dapat selalu bersinergi dengan Aparat Keamanan. Dan bagi warga yang mengetahui adanya potensi terjadinya gangguan Kamtibmas, hendaknya segera mungkin menghubungi Bhabinkamtibmas dan Babinsa yang sudah ada di masing–masing desa, ataupun bisa juga langsung melapor ke Kantor Polisi terdekat guna dilakukan antisipasi sedini mungkin, sehingga tidak sampai menimbulkan keresahan di tengah–tengah masyarakat," tukas Mantan Kasubbag Humas Polres Mabar itu.