Iklan

 




FEC Media
8 Jun 2021, 10.38 WIB
Hukrim

Dugaan Korupsi Dana Desa Rengkam Telah Diaudit Inspektorat, Gonsa Tombor: Kami akan Berkoodinasi dengan Tipikor

Ilustrasi (Net)



Manggarai Timur, Floreseditorial.com - Kasus dugaan korupsi Dana Desa (DD) di Desa Rengkam, Kecamatan Lamba Leda Timur, Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur, telah selesai di audit oleh Inspektorat Kabupaten Manggarai Timur.




Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Inspektorat Kabupaten Manggarai Timur, Gonsa Tombor, dalam keterangan yang diterima oleh media.




“Desa Rengkam sudah selesai diaudit. Saat ini masih proses Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP). Jika sudah ada LHP, kami akan berkoordinasi dengan Tipikor Polres Matim,” terangnya, Senin, (7/6/2021).




Sementara itu, praktisi hukum sekaligus tokoh peduli pembangunan Manggarai Timur, Alexius Sale, menanggapai hal tersebut dengan meminta agar Tipikor Polres Manggarai Timur transparan dalam menyampaikan data kepada masyarakat terkait hasil temuan dari Inspektorat.



“Harus transparan biar publik tahu hasilnya akhirnya seperti apa,"terang Alexius, Senin, (7/6/2021) malam.



Alexius Sale juga mengkritisi lambannya DPMD dan Inspektorat dalam mendeteksi dini persoalan tersebut, selama ini ia menilai, temuan-temuan tersebut diaudit setelah ada laporan dari masyarakat.




“Hampir pasti dari tahun ke tahun nyaris tidak ada temuan kerugian keuangan negara yang diaudit Inspektorat. Temuan justru karena gonggongan masyarakat, baru ditindaklanjuti oleh BPK. Jangan-jangan ada konspirasi besar yg terjadi antara desa, DPMD dan Inspektorat,” tegasnya.




Ia berharap, Dinas PMD dan Inspektorat melakukan pencegahan sedini mungkin agar tidak terjadi penyelewengan Dana Desa.




“Harus gencar lakukan sosialisasi atau pembekalan-pembekalan untuk Kepala maupun aparat desa. Ini sangat penting untuk mencegah penyalahgunaan Dana Desa,”pungkasnya.