Iklan

FEC Media | Verified Writer
3 Jun 2021, 12.04 WIB
Hukrim

Kasus Terminal Kembur di Matim, Jaksa: Masih Terus Kita Dalami

 

Terminal kembur (Foto:Ist)


Manggarai Timur, Floreseditorial.com - Kasus proyek pembangunan Terminal Kembur tahun anggaran 2013/2015 di Dinas Perhubungan Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), masih dalam proses pemeriksaan dan pendalaman data, oleh tim penyelidikan Kejaksaan Negeri (Kejari) Manggarai, NTT.



Ketua Tim Penyelidikan Kejari Manggarai, Sendy Pradana, ketika dikonfirmasi oleh media membenarkan hal tersebut.



"Pemeriksaan terkait dugaan adanya peristiwa pidana pada pembangunan Terminal Kembur TA 2013 s/d 2015 di Dinas Perhubungan Kabupaten Matim, masih terus berjalan dan masih dilakukan pendalaman (on progress). Pendalaman ini untuk menentukan siapa yang paling bertanggung jawab dalam kasus itu.," terang Jaksa Shendy, Rabu (2/6/2021).



Untuk diketahui, proyek pembangunan terminal Angkutan Umum yang terletak di Kembur, Kelurahan Satar Peot, Kecamatan Borong, Kabupaten Manggarai Timur, yang dibangun pada tahun 2013, Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur, mengeluarkan anggaran selama tiga tahap yaitu, tahap Pertama; pelaksaanaan proyek tahun 2013 dengan pagu anggaran sebesar Rp1.315. 916.000 yang bersumber dari APBD.



Tahap Kedua : pelaksanaan proyek ditahun 2014 dengan pagu anggaran senilai Rp1. 268.800.000 yang bersumber dari APBD.



Dan pada tahap Ketiga : pelaksanaan proyek ditahun 2015 dengan pagu anggaran senilai Rp1.157.000.000 yang bersumber dari dana APBD Manggarai Timur.



Proyek Pembangunan ini dikerjakan oleh CV Eka Putra.



Sejumlah pejabat daerah Kabupaten Manggarai Timur, telah memenuhi panggilan Kejari untuk proses pemeriksaan, diantaranya, Kadis Perhubungan Matim, Gaspar Naggar, Kabid Darat, Roni T Come, Sekwan, Nikolaus Tatu, Fansi Jahang, serta Sekda Matim , Boni Hasudungan. Selain itu, Mantan Bupati Manggarai Timur, Yoseph Tote, serta Direktur CV Kembang Setia, Yohanes John, dan staf teknik CV Eka Putra, Advianus E Go, juga diperiksa.




Untuk diketahui, Dinas Perhubungan Kabupaten Manggarai Timur akhirnya mengoperasikan terminal Kembur sejak awal Maret 2021, melayani trayek Borong-Kembur-Waling-Metuk