SWAPE UP UNTUK MEMBACA ARTIKEL
Mengaku Sebagai Pegawai Dinas Perkebunan Matim, Pria Asal Wukir Nyaris Dihajar Massa Karena Menipu Seorang Ibu di Pasar Ruteng

Iklan

 


FEC Media
12 Jun 2021, 08.37 WIB
HeadlineHukrim

Mengaku Sebagai Pegawai Dinas Perkebunan Matim, Pria Asal Wukir Nyaris Dihajar Massa Karena Menipu Seorang Ibu di Pasar Ruteng

Simon Jaga, pelaku penipuan terhadap seorang ibu di Psar Ruteng. (Foto: Lexxy/Ist)



Manggarai Floreseditorial.com - Seorang pria yang dikabarkan berasal dari Wukir, Kabupaten Manggarai Timur (Matim), nyaris dihajar massa di Pasar Ruteng karena menipu beberapa orang pengguna pasar Ruteng.


Untuk memuluskan aksinya ini, pria yang diketahui bernama Simon Jaga, ini kerap mengaku sebagai Frater, Polisi dan Kepala Dinas Perkebunan kabupaten Matim.


Lexxy Jeharus, anak Veronika, korban penipuan, saat dihubungi Floreseditorial.com, Jumat (11/06/2021) menjelaskan bahwa, pada bulan Mei silam, pelaku mendatangi ibunya yang merupakan seorang pedagang di Pasar Inpres Ruteng.


“Kepada Ibu saya ia memperkenal diri dengan nama Kanis dan mengaku sebagai pegawai Dinas perkebunan di Kabupaten Manggarai Timur. Ia menjanjikan dana kepada para pengguna pasar sebesar Rp 70 juta,” kata Lexxy.


Namun, agar bisa mendapatkan dana sebesar Rp 70 juta, para korban diwajibkan untuk menyetor uang sebesar Rp 2 juta.


“Termasuk mama saya pun jadi Korban dan menyerahkan uang itu padanya, tetapi setelah itu hilang kabar,” cerita Lexxy.


Namun, kata Lexxy, pada Jumat (11/06/2021), Pelaku pun kembali hendak melakukan penipuan serupa dan mendatangi beberapa lapak di Pasar Ruteng.


“Kebetulan calon korban yang hendak ia tipu itu, lapaknya tak jauh dari lapak ibu saya. Saat itu anak saya (Cucu Veronika), melihat orang tersebut dan memberitau pada ibu saya perihal pria tersebut. Nene itu yang tipu nene bulan lalu itu ada di stan sebelah” kata Lexxy menirukan ucapan anaknya.


Ibu Veronikapun lalu menghampiri pria tersebut dan menanyakan perihal uang dua juta miliknya yang telah ia serahkan pada bulan Mei lalu.


“Si Simon ini, lalu mengajak ibu saya untuk mengikuti dirinya dengan alasan untuk mengambil uang tersebut sekaligus. Namun tiba di sebuah emperan toko, ia pun mendorong mama saya dan lari. Mama saya pun berteriak dan iapun dikejar massa,” jelasnya.


Usai dikejar massa, katanya lebih lanjut, pria inipun digiring kepihak Kepolisian. 


“Sampai di kepolisian baru kami tau namanya itu Simon Jaga dari Wukir, kabupaten Matim, karena sederetan persoalan dugaan penipuan lainnya yang datanya sudah ada di Polres,” katanya.


Menurutnya, saat ini kasus tersebut tengah ditangani pihak Kepolisian.


Untuk diketehui, sebuah Vidio berdurasi sekitar 2 menit mempertontonkan peristiwa saat Pelaku ditangkap dan nyaris digebuk massa.


Dalam vidio tersebut, terlihat pria tersebut digiring ke pihak Kepolisian setelah aksinya berhasil digagalkan.