Iklan

 


FEC Media | Verified Writer
24 Jul 2021, 22.12 WIB
Headline

Awak Media di Matim Diintimidasi Saat Liputan Hajatan Nikahan Kasat Reskrim yang Diduga Langgar Prokes

Dua orang berbadan tegap mendatangi wartawan dan memaksa agar menghapus foto - foto hajatan pernikahan kasat reskrim Polres Matim yang telah didokumentasikan. (Foto:FEC Media)


Manggarai Timur, Floreseditorial.com - Drama hajatan pernikahan Kasat Rekarim Polres Manggarai Timur (Matim) yang diduga telah melanggar Protokol Kesehatam (Prokes) itu, sontak menjadi sorotan awak media.


Beberapa awak media pun berupaya melakukan pemantauan langsung ke lokasi hajatan milik Kasat Reskrim Polres Matim, Sabtu (24/7/2021).


Namun, tindakan menghalang-halangi tugas jurnalistik dilakukan oleh beberapa orang saat seorang awak media hendak mendokumentasikan acara akad nikah tersebut. Ia dihadang oleh beberapa pria berbadan tegap. Diduga keduanya adalah pantia penyelenggara hajatan tersebut.


Mereka beralasan dia (awak media) mengambil gambar tanpa seijin penyelenggara acara. 


Beberapa kata tak pantas pun dilontarkan salah satu pria.


"Salah satu pria larang saya ambil gambar. Lalu mengeluakan kalimat yang melecehkan saya," kata Firman Jaya, salah seorang jurnalis di Kabupaten Matim.


Menurut pengakuan Firman, setelah bersih tegang dengan beberapa pria tersebut, KBO Reskrim Polres Manggarai Timur,  Yosta A. Lobang, mendatangi dirinya.


"Setelah bersih tegang dengan beberapa orang, muncul KBO Reskrim. Dia (KBO Reskrim) meminta saya untuk menghapus foto yang telah saya ambil. Namun saya tidak mau hapus foto-foto tersebut," papar Firman.


Menurut Firman, dirinya enggan menghapus Foto-foto tersebut karena foto itu adalah karya jurnalistik miliknya.


Untuk diketahui, di tengah ratusan masyarakat Manggarai Timur (Matim) yang masih terpapar Covid-19, Kasat Reskrim Polres Manggarai Timur, Ipda Agustian Sura Pratama, justru tetap menggelar resepsi pernikahan.


Padahal, pihak gugus tugas setempat, sudah mewanti-wanti penyelenggara agar tak nekad menggelar hajatan di tengah pandemi Covid-19 yang masih meroket tajam.


Pantauan media, Akad Nikah Kasat Reskrim Polres Matim,  Ipda Agustian Sura Pratama, dilaksanakan di rumah kediaman Mertuanya di Kampung Baru, Kelurahan Rana Loba, Kecamatan Borong, Kabupaten Manggarai Timur (Matim), Flores - NTT pada Sabtu (24/7/2021).


Terlihat sejumlah kendaraan berjibaku memadati ruas jalan utama Trans Flores. Beberapa polisi terlihat mengatur arus lalu lintas di depan tenda resepsi pernikahan Kasat Reskrim Polres Matim itu.


Kondisi ini diperparah dengan hadirnya sekelompok masyarakat yang akan mengikuti Vaksinasi di Kantor Camat Borong, yang berada tak jauh dari lokasi hajatan, sehingga kerumunan pun tak terhindarkan.


Ketua Gugus Tugas Kecamatan Borong, Maria Aryani Gagu, dalam keterangannya kepada wartawan menjelaskan, pihaknya sudah berupaya menjalin dengan semua pihak untuk tidak menggelar resepsi pernikahan pada masa pandemi covid-19. Tak terkecuali acara pernikahan Kasat Reskrim Polres Manggarai Timur Ipda Agustian Sura Pratama. 


“Minggu lalu gugus tugas kelurahan dan kecamatan sudah wanti-wanti ke pihak penyelenggara, tetapi tetap tidak diindahkan," kata Camat Borong.