Iklan

 


FEC Media | Verified Writer
28 Jul 2021, 09.34 WIB
Dana PIPNewsPendidikan

Kepala SMPN 1 Poco Ranaka Sunat Dana PIP 120 Siswa Untuk Transportasi

SMPN 1 Poco Ranaka (Foto: Net)


Manggarai Timur, Floreseditorial.com - Kepala SMPN 1 Poco Ranaka, Hermanus Jehamat, melakukan pemangkasan dana PIP milik 120 siswa di sekolah tersebut untuk kebutuhan transportasi.


Data yang dihimpun media, jumlah dana PIP yang dipotong itu bervariasi, mulai dari Rp 50 ribu hingga Rp 150 ribu per siswa penerima PIP.


“Siswa yang menerima Rp 900 ribu dipotong Rp 50 ribu dan siswa yang menerima di atas Rp 1 juta  di potong Rp 125 ribu, bahkan sampai Rp 150 ribu,” keluh Pulus salah satu orang tua murid, Selasa, (27/7/2021).


Pemotongan dana PIP tersebut katanya lebih lanjut, berlaku bagi 120 siswa penerima PIP di sekolah tersebut. 


Menurut Paulus, pemotongan dana PIP tersebut memang atas kesepakatan bersama pada tanggal 20- 22 mei  2021 lalu saat sosialisasi di sekolah. Namun, pemangkasan dana yang dilakukan oleh Kepsek Hermanus tidak sesuai kesepakatan awal.


“Kami bingung. Awalnya sudah disepakati untuk pemotongan sebesar Rp 25 ribu per siswa, tapi pada saat penerimaan mereka potong 125 ribu bahkan ada yang sampai 150 ribu untuk biaya transport,” kata Paulus. 


Menurutnya, para orang tua siswa keberatan dengan pemotongan dana tersebut.


Sementara kepala sekolah SMPN 1 Poco Ranaka, Hermanus Jehamat,  membenarkan pemotongan dana PIP tersebut. 


Ia mengaku, pemotongan dana tersebut dilakukan berdasarkan hasil kesepakatan dengan orang tua murid. 


"Yah benar, pemotongan dilakukan berdasarkan hasil kesepakatan pada waktu sosialisasi bersama orang tua murid beberapa bulan lalu dan dana itu untuk keperluan transportasi ke bank," kata Kepsek SMPN 1 Poco Ranaka.