SWAPE UP UNTUK MEMBACA ARTIKEL
KKP Kupang Janji Tindak Tegas Pemalsu Dokumen Perjalanan

Iklan

 


FEC Media
5 Jul 2021, 15.24 WIB
News

KKP Kupang Janji Tindak Tegas Pemalsu Dokumen Perjalanan

Kepala KKP Kelas III Kupang saat melakukan pengontrolan di pelabuhan (Foto : ist)


Kupang, Floreseditorial.com - Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Kupang, akan melakukan tindakan tegas apabila ada temuan dokumen-dokumen perjalanan yang dipalsukan.


Hal itu diungkapkan Kepala KKP, Putu Alit Sudarma, Sabtu 3 Juli 2021. 


"Kami akan menindak tegas pelaku perjalanan yang kedapatan dalam pemeriksaan telah memalsukan dokumen atau persyaratan untuk perjalanan di dalam daerah maupun luar,"ungkapnya.


Ada beberapa kasus warga positif corona yang terdapat di beberapa di pelabuhan, seperti pelabuhan Atapupu, Alor, Waingapu dan di pelabuhan Bolok, namun semua kasus positif tersebut merupakan orang dari luar NTT.


Terkait beberapa kasus positif Covid-19 di Pelabuhan, maka pihaknya melakukan peningkatan screaning dengan cara tahap awal pemeriksaan dokumen pelaku perjalanan.


"Kami melakukan screaning bagi semua dokumen-dokumen pelaku perjalanan," tegasnya.


Putu menegaskan, dalam proses screaning apabila ada yang memalsukan dokumen-dokumen atau syarat izin perjalanan, akan ditindak tegas ke ranah hukum.


Ia juga mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak memalsukan dokumen saat melakukan perjalanan keluar, karena jika ketahuan akan diproses secara hukum.


Menurut dia, proses pencegahan penyebaran virus ini dilaksanakan di Bandara, Pelabuhan dan Pos Lintas Batas Negara.


Putu menambahkan, pihaknya selalu melakukan kegiatan pengontrolan, bukan saja di Kota Kupang, melainkan di Flores (Labuan Bajo) serta di pelabuhan lainnya.