SWAPE UP UNTUK MEMBACA ARTIKEL
Penularan Lebih Cepat, Warga Elar Selatan Diduga Terpapar Virus Corona Varian Delta

Iklan

 


FEC Media
6 Jul 2021, 18.33 WIB
Covid-19Headline

Penularan Lebih Cepat, Warga Elar Selatan Diduga Terpapar Virus Corona Varian Delta

 

Ilustrasi Covid-19 (Foto : pixaby)

Manggarai Timur, Floreseditorial.com - Jumlah pasien positif covid-19 di Kabupaten Manggarai Timur, NTT, semakin melonjak. Hingga Senin (5/7/2021), tercatat lebih dari 123 orang warga Elar Selatan telah terpapar virus tersebut dan diprediksi akan terus bertambah.


Sekretaris Dinas Kesehatan Manggarai Timur, Paranta Kristiani Agas, mengatakan, diduga Virus covid-19 yang menyebar di Elar Selatan saat ini adalah varian delta.


“Jika melihat gejala klinisnya, diduga varian delta,"ungkapnya dalam keterangan yang diterima media ini, Selasa (06/07/2021).



Ia menambahkan, pihaknya sudah melaporkan hal tersebut ke Dinas Kesehatan Provinsi NTT.



"Kami juga sudah melaporkan data itu kepada dinkes provinsi, dan kami diperintahkan untuk mengambil sample yang akan diuji di laboratorium biomolekuler Rumah Sakit St.Yohanes Kupang," terangnya.



Menurut, putri Bupati Matim ini, hampir sebagian pasien memiliki gejala yang sama dengan gejala virus covid-19 varian delta, seperti mual dan muntah, terutama pasien yang berasal dari Desa Mose Ngaran, Elar Selatan. 



Pasien pertama dari Desa Mose Ngaran, terpapar setelah pulang dari pesta sambut baru di Bajawa, setelah itu saling menularkan.



"Virus covid-19 varian delta kecepatan penularan sangat besar, tapi pada prinsipnya jika penanganan cepat pasti bisa tertolong,"imbuhnya.



Menurutnya, untuk penangan covid-19 jenis varian delta masih menggunakan protokol yang sama, hanya dibutuhkan kecepatan untuk deteksi dini dalam penanganan covid varian delta. 


“Prinsipnya covid bisa disembuhkan asal ada kesadaran untuk melaporkan dan mendeteksi secara dini,” tandasnya.