SWAPE UP UNTUK MEMBACA ARTIKEL
Tolak Penetapan Panitia Pilkades Tango Molas, Warga Datangi Kantor DPRD Matim

Iklan

 


FEC Media
6 Jul 2021, 19.13 WIB
NewsTango Molas

Tolak Penetapan Panitia Pilkades Tango Molas, Warga Datangi Kantor DPRD Matim

Masyarakat Desa Tango Molas saat bertemu Komisi A DPRD Manggarai Timur. (Foto: FEC Media)


Manggarai Timur, Floreseditorial.com - Puluhan masyarakat Desa Tango Molas, mendatangi komisi A DPRD kabupaten Manggarai Timur, Selasa (06/07/2021). 


Kedatangan massa pendukung salah satu pasangan Calon peserta pemilihan kepala desa (Pilkades) Desa Tango Molas, Kecamatan Lamba Leda Timur ini, untuk menyampaikan aspirasi mereka perihal dugaan kecurangan yang dilakukan oleh Pantia Pilkades desa tersebut.


Mereka menolak putusan Panitia penyelenggara Pilkades yang dinilai tidak jujur karena menggugurkan Yulianus Marioene, saat penetapan calon, padahal semua persyaratannya sudah terpenuhi.


"Kami minta Komisi A DPRD Matim, untuk menindaklanjuti tuntutan yang kami sampaikan dan mendesak dinas PMD Matim untuk membatalkan penetapan tersebut. Karena cacat hukum dan syarat kepentingan,” kata Robertus, masyarakat desa Tango Molas.


Selain dinilai tidak independen, katanya lebih lanjut, pantia tidak miliki dasar yang kuat, untuk menggugurkan Yulianus.


Ia menegaskan, Yulianus telah menyerahkan semua persyaratan terkait dengan persyaratan pencalonan. 


“Dari berkas ijazah sampai dokumen lainnya, saudara Yulianus bersama bakal calon lainnya serta Panitia sudah menandatangani berita acara dan dinyatakan lolos seleksi berkas, namun panitia menganulir tanpa argumentasi yang jelas,” tandasnya.


"Kami minta dinas PMD untuk segera membatalkan penetapan tersebut sebelum terjadi keributan di Masyarakat", tukasnya.


Untuk diketahui, data yang diperoleh media, Panitia telah menetapkan bakal calon peserta Pilkades Desa Tango Molas pada Senin (05/7/2021). Surat penetapan tersebut ditandatangani oleh Yohanes Taruk selaku ketua Pantia.


Yohanes Taruk sendiri merupakan keluarga dekat calon petahana pilkades Tango Molas dan diduga menjadi aktor dari digugurkannya Yulianus Marioene sebagai salah satu peserta pilkades.