Iklan

 


FEC Media
29 Jul 2021, 09.00 WIB
Ekbis

Tunggak Pajak, Pemkab Manggarai Segel Sejumlah Ruko

Ruko yang disegel oleh Pemkab Manggarai (Foto : ist)


Manggarai, Floreseditorial.com - Pemerintah Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT), menyegel beberapa Rumah Toko (Ruko) di wilayah Ruteng, Selasa (27/7/2021).


Hal tersebut dilakukan karena para penyewa tidak membayar angsuran pakai selama berbulan-bulan, bahkan setahun lamanya, ungkap Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bidang Retribusi Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Manggarai, Lorentius Wagu, Selasa (27/7/2021).


Menurut Lorentius, penyegelan tersebut merupakan Pemda bentuk teguran keras kepada pemakai atau penyewa Ruko atas keterlambatan pembayaran sewa yang dilakukan.


Ia menambahakan, untuk jangka waktu penyegelan tidak ada batas waktu, namun jika dalam tempo satu tahun sejak dinyatakan segel juga masih belum dilakukan pembayaran, maka langkah selanjutnya yaitu pencabutan ijin pemakaian.


"Untuk batas waktu kita tidak tentukan, tetapi kalau sudah sampai satu sejak penyegelan, maka tindak selanjut mencabut surat ijin pemakai," tegasnya.


Disisi lain, salah satu pengguna Ruko yang namanya enggan dimediakan, mengatakan alasan dirinya tidak membayar sewa ruko itu karena jualannya sepi.


Dirinya mengaku, bukan tanpa alasan, semenjak pandemi Covi-19 ditengah masyarakat, mereka jadi kesulitan mendapatkan penghasilan.


"Bagaimana kita bisa bayar, sementara jualan kita sepi, belum lagi banyak aturan dari Pemda seperti PPKM untuk mengurangi lonjakan kasus Covid-19,"terangnya.


Karena itu, dirinya berharap agar kebijakan pemda Manggarai tersebut ditinjau ulang, sebab kebijakan penyegelan di saat pandemi sekarang ini sangatlah tidak tepat.


"Kebijakan penyegelan itu tidak terlalu tepat ditengah situasi pandemi Covid-19. ada banyak pedagang yang rugi termasuk saya," tukasnya.