SWAPE UP UNTUK MEMBACA ARTIKEL
Viral!! Video Pasien Mengaku Diterlantarkan Pihak RSUD Ben Mboi Ruteng

Iklan

 


FEC Media
3 Jul 2021, 19.17 WIB
Headline

Viral!! Video Pasien Mengaku Diterlantarkan Pihak RSUD Ben Mboi Ruteng





Pasein yang mengaku diterlantarkan oleh pihak RSUD Ben Mboi Ruteng. (Foto: Net)


Manggarai Floreseditorial.com - Sebuah video berdurasi sekitar 01:30 beredar luas di media sosial. Video tersebut diduga direkam oleh salah seorang pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 dan menjalani perawatan di RSUD Ben Mboi Ruteng, Nusa Tenggara Timur bersama bayinya.


Dalam video tersebut tampak pasien mengaku ditelantarkan oleh pihak rumah sakit. Perempuan yang berada dalam video tersebut mengaku tidak mendapatkan pelayanan yang baik dari rumah sakit.


Ditemui secara terpisah, Humas RSUD dr. Ben Mboi, Laurensius Guntur, menerangkan bahwa, pihaknya membenarkan ada pasien bayi dan ibunya, masuk di RS pukul 09.00 wita (Jumat pagi-red) di IGD RSUD dr Ben Mboi. Pasien tersebut diobservasi sampai sekitar pukul 17.30 Wita.


“Perlu kami sampaikan bahwa IGD adalah ruang tindakan. Sehingga secara SOP (Standar Operasional Prosedur) pasien memang tidak diberi makan. Kita pastikan semua pasien yang dirawat bersama dengan pasien tersebut saat itu, tidak diberi makan,” jelasnya.


Lorens Guntur mengatakan, terkait keluhan dari pasien yang tidak mendapat perhatian dan tidak mendapatkan obat-obatan, itu adalah kesimpulan pihak keluarga pasien. 


Ia juga menambahkan, pemberian terapi pada pasien merupakan pertimbangan profesional dokter, berdasarkan hasil anamnesis terhadap kondisi medis pasien.


“Bukan pada keinginan pasien dan keluarga. Sehingga jika pasien hanya diberikan infus dan diberikan suplemen (sesuai pengakuan keluarga pasien) berarti berdasarkan pertimbangan profesional dokter, pasien tersebut memang hanya perlu terapi seperti itu,” ujarnya.


Selanjutnya, sejak pasien dipindahkan ke ruang isolasi Covid-19, pasien diberikan makan sesuai SOP. Dan bayi diberi terapi sesuai anjuran dokter.


Untuk diketahui, klarifikasi yang disampaikan oleh pihak RS berbanding terbalik dengan pengakuan keluarga pasien. Pasien mengaku baru mendapat makan setelah dihantar langsung oleh Camat Cibal Barat.


Berikut, video pengakuan Pasein yang diterlantarkan oleh Pihak RSUD Ben Mboi